Siswa MAN 1 Jakarta Praktik Aplikasi Atur Lampu dengan Kontrol Android

Minggu 05 Maret 2017 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 05 65 1634687 siswa-man-1-jakarta-praktik-aplikasi-atur-lampu-dengan-kontrol-android-hH2nc3nLvi.jpg Foto: ubergizmo

JAKARTA - Penggunaan handphone berbasis sitem Android saat ini semakin berkembang. Sistem operasi besutan Google itu setiap hari selalu bersolek dengan aplikasi bawaan maupun pihak ketiga. Sehingga dengan satu gadget di tangan dapat melakukan apapun yang diinginkan penggunannya, tidak hanya untuk berkomunikasi.

Sayangnya, para pengguna Android belum memiliki pengetahuan cukup dari banyaknya software yang dibenamkan dalam Android.

Karena itulah untuk mengoptimalkan penggunaan software dari handphone Android, Dosen Universitas Mercu Buana Fina Supegina, ST, MT mengadakan pelatihan pemanfaat penggunaan software Eclipse.

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment). Dengan software ini pengguna Android dapat mengontrol penggunaan peralatan elektronika diantaranya lampu.

Sasaran pelatihan adalah siswa MAN 1 Jakarta sebagai pengguna aktif Android. Siswa diajarkan Pengenalan Software Eclipse, praktek mengaplikasikannya pada Android dan demo peralatan elektronika dengan kontrol Android. Hasil akhir pelatihan ini adalah siswa dapat menciptakan sebuah lampu yang dapat di kontrol dari jarak jauh yakni dengan menggunakan andphone Android.

"Secara keseluruhan kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari pelajar. Mereka berharap akan banyak pelatihan serupa dengan software yang berbeda agar pengetahuan mereka semakin bertambah," ujar Fina dalam siaran persnya, Minggu (5/3/2017).

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini