Duh, Minat Baca Pelajar di Mimika Tidak Mengalami Peningkatan

Agregasi Antara, · Selasa 28 Februari 2017 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 28 65 1630168 duh-minat-baca-pelajar-di-mimika-tidak-mengalami-peningkatan-2iNXFcmj5s.jpg Foto: Istimewa

TIMIKA - Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Mimika, Papua Yakob Yance Toisuta mengatakan minat baca para pelajar di daerah ini tidak mengalami peningkatan sejak 2016 hingga awal 2017 ini.

"Rata-rata pengunjung ke Perpustakaan Daerah Mimika ini adalah pelajar, setiap harinya berkisar antara 20 hingga 30 orang, sama dengan tahun 2016 lalu atau tidak mengalami peningkatan," kata Yakob, di Timika, Selasa (28/2/2017).

Tidak meningkat pengunjung di perpustakaan daerah itu, menurut Yakob, disebabkan sarana yang tidak lengkap khususnya komputer atau layanan internet. Selain itu, kondisi ruang baca yang tidak nyaman juga dapat menjadi penyebab lain.

"Padahal koleksi buku-buku cukup lengkap, karena kami punya belasan ribu judul buku termasuk buku-buku tentang sosial-budaya Papua. Dapat dikatakan koleksi kami cukup lengkap," ujarnya pula.

Namun karena keterbatasan ruang, pihak pengelolah perpustakaan tersebut saat ini tidak dapat memajang semua koleksi buku yang ada. Sebagian buku koleksi perpustakaan terpaksa ditampung di gudang sambil menunggu peresmian gedung perpustakaan baru.

Yakob Optimistis dengan dioperasikan gedung perpustakaan baru yang lokasinya strategis di tengah kota, dapat memicu minat baca para pelajar. Apalagi pada gedung yang baru, beberapa sarana pendukung seperti internet juga telah disediakan.

"Perpustakaan yang baru itu tiga lantai dan fasilitas di sana cukup lengkap termasuk ruang baca yang nyaman dan tersedia akses ke jaringan internet. Saya yakin minat baca dan kunjungan ke perpustkaan akan meningkat," ujarnya lagi.

Kendati telah memiliki gedung perpustakaan yang baru dengan fasilitas pendukung yang cukup lengkap, gedung tersebut belum juga dapat digunakan lantaran masih terkendala masalah pembebasan lahan.

"Pak Bupati Mimika sudah sampaikan untuk tahun ini persoalan lahan harus diselesaikan, sehingga secepatnya setelah masalah selesai sudah bisa langsung meresmikian dan menggunakan gedung itu," katanya lagi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini