Share

Jangan Cepat Puas, Lulusan SMK Juga Perlu Lanjut Kuliah Lho!

Iradhatie Wurinanda, · Kamis 09 Februari 2017 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 09 65 1613651 jangan-cepat-puas-lulusan-smk-juga-perlu-lanjut-kuliah-lho-e5PTUcm688.jpg Siswa sedang praktik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Salah satu alasan seorang anak memutuskan masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah ingin langsung bekerja setelah lulus. Pasalnya, di SMK mereka diajarkan untuk menjadi tenaga kerja terampil di berbagai bidang.

Meski begitu, ternyata lulusan SMK juga perlu melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Pengamat pendidikan, Doni Koesoema menjelaskan, hal ini demi prospek karier lulusan SMK di masa mendatang.

"Ya tentu harus lanjut kuliah. Supaya mereka bisa menjadi manajer atau supervisor," ucapnya dihubungi Okezone, belum lama ini.

Berbeda dengan lulusan SMA yang melanjutkan kuliah di universitas, para lulusan SMK ini melanjutkan studi di politeknik atau akademi. Meski begitu, hal ini perlu didukung dengan sebuah sistem yang dibuat oleh pemerintah.

"Harus ada sistem ke politeknik dan akademi ini, dan disediakan oleh pemerintah. Sistemnya sampai lulus jadi mereka tidak sulit mencari kerja," sebutnya.

Saat ini, potret pendidikan vokasi di Tanah Air belum mampu mencetak lulusan yang handal. Faktor penyebabnya banyak, seperti kualitas guru dan fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang masih minim di sejumlah daerah.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini