Share

Kenalkan Sejarah, Mahasiswa Menari Selama 12 Jam

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 14 Desember 2016 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 14 65 1566199 kenalkan-sejarah-mahasiswa-menari-selama-12-jam-uNBu7WiVvm.jpg Foto: Dok UKI

JAKARTA - Menelusuri asal-usul suatu tempat bersejarah menjadi hal yang menarik bagi banyak orang, termasuk mahasiswa. Kali ini, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengemas sejarah Villa Isola melalui sebuah pagelaran tari bertajuk 'Eksplorasi Peristiwa Isola' (Ekspert Isola).

Kegiatan yang digagas oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari ini dilakukan dengan menari 12 jam nonstop di Kampus UPI Jalan Dr Setiabudi. Melibatkan 85 penari, kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

"Dengan diambilnya tema ini, bertujuan untuk mempublikasikan kepada masyarakat umum, bilamana ada yang belum mengetahui asal usul Villa Isola itu seperti apa. Sehingga masyarakat menjadi tahu, sebelum menjadi monumen pendidikan asal mula Villa Isola adalah tempat pengasingan," tutur Ketua Pelaksana, Sandi Jembar, dinukil dari laman UPI, Rabu (13/12/2016).

Sandi menjelaskan, Villa Isola dibangun pada saat keadaan krisis moneter. Anehnya, Dominique Willem Berretty mampu membangun gedung ini sehingga banyak menimbulkan kontroversi. Kegiatan ini, lanjut dia, juga merupakan tempat untuk menampung kreativitas para insan seni.

"Kami juga menjelaskan itu semua melalui visual atau gerakan oleh penari 12 jam. Dan gerakan yang digunakan bukan hanya asal menari, melainkan melalui gerakan yang bercerita dan itulah cara menyampaikan isi dari tema ekspert isola," paparnya.

Gelaran juga menghadirkan lima ikon penari 12 jam yang terbagi ke dalam dua stage, yaitu stage luar di Teater Terbuka Museum Pendidikan Nasional serta stage dalam di Gedung Kebudayaan Amphiteater UPI. Bahkan, terdapat pula penampilan dari kampus lain, seperti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Negeri Surabaya, dan sekolah di wilayah Bandung.

"Ini juga merupakan bentuk kegiatan pendidikan berbasis kebudayaan supaya minat para pemuda dalam mengembangkan seni budaya nusantara semakin tumbuh," tutupnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini