Share

Ikut Pertukaran Pelajar ke AS, Mahasiswa Difabel Jadi Percaya Diri

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 17 November 2016 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 17 65 1543841 ikut-pertukaran-pelajar-ke-as-mahasiswa-difabel-jadi-percaya-diri-eQOIitYWJ0.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Menumbuhkan rasa percaya diri apalagi bagi penyandang disabilitas atau difabel memang tidak mudah. Karena terkadang, lingkungan yang tidak mendukung.

Hal tersebut juga dirasakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Qurrata A’yuna, penyandang disabilitas yang berkesempatan mengunjungi Amerika Serikat untuk mengikuti program pertukaran pelajar.

“Tahunya dari sejak SMA. Karena terinspirasi dari kakak kelas juga yang sudah pernah ikut pertukaran pelajaran ini,” ungkapnya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Yuna -sapaan akrabnya- menuturkan selama di Amerika Serikat banyak hal positif yang telah dipelajarinya. Salah satunya, dirinya bisa lebih mengembangkan rasa percaya diri.

“Pastinya dari program ini saya bisa lebih percaya diri. Dulu ketika sekolah, saya tidak terlalu percaya diri. Kalau dipanggil teman juga tidak terlalu antusias,” ujarnya.

Namun sekarang semua berubah, mahasiswa berusia 20 tahun tersebut kini bisa lebih percaya diri untuk menjalin pergaulan dengan banyak teman.

“Saya juga lebih aktif untuk mengikuti berbagai kegiatan organisasi, selain itu saya juga punya motivasi untuk menjadi seorang leader,” imbuhnya.

Kedepannya, Yuna berharap bisa membawa sebuah perubahan bagi lingkungannya. “Pengennya secara pribadi bisa memberikan perubahan, dan saya bisa lebih mandiri,” tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini