Tantangan TIK Semakin Ketat, Guru Juga Perlu Disiapkan

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 09 November 2016 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 09 65 1537107 tantangan-tik-semakin-ketat-guru-juga-perlu-disiapkan-5BgGjM3DhB.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Semakin canggihnya teknologi membuat semua orang dituntut untuk memiliki kemampuan dalam semua bidang. Tidak heran jika tantangan di dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin ketat.

Pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Onno W Purbo, mengatakan bahwa di tengah tantangan yang semakin ketat ini guru pun perlu disiapkan.

“Jadi bukan infrastrukturnya saja yang disiapkan, gurunya juga perlu disiapkan. Selain itu, siapkan juga ekosistemnya,” ungkap Onno di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (9/11/2016).

Onno menjelaskan, selama ini belum ada kurikulum yang digunakan guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK). Belum ada kurikulum yang memberikan tentang TIK di mata pelajaran masing-masing calon guru.

“Apakah di kurikulum guru di LPTK sudah diselipkan TIK di masing-masing mata pelajaran mereka, alhasil banyak guru yang tidak siap dalam penggunaan komputer,” ujarnya.

Onno melanjutkan, pembelajaran tentang TIK bukan lagi bagaimana menggunakan komputer, tapi mengembangkan computer science thinking-nya. “Selain itu juga pada penggunaan TIK itu sendiri, karena faktanya masih banyak guru yang belum bisa menggunakan komputer juga,” tambahnya. (afr)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini