Puluhan Siswa Madrasah Ikuti Kontes Robotik Nasional

Iradhatie Wurinanda, · Senin 31 Oktober 2016 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 31 65 1528746 puluhan-siswa-madrasah-ikuti-kontes-robotik-nasional-FSVCfRBo2Y.jpg (Foto: Iradhatie Wurinanda/Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 90 siswa madrasah se-Indonesia dari jenjang MI, MTs, dan MA unjuk gigi dalam ajang Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) itu bertujuan mewadahi siswa madrasah yang memiliki potensi dalam bidang robotik.

Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag, Nur Kholis Setiawan mengatakan, penyelenggaraan tahun ini merupakan kali kedua setelah 2015. Menurut dia, minat peserta semakin meningkat berdasarkan jumlah pendaftar.

"Peserta yang mendaftar mencapai 240 tim. MI 45 tim, MTs 45 tim, dan MA 140 tim. Namun yang terpilih hanya 90 tim, di mana masing-masing jenjang ada 30 tim," jelasnya usai membuka acara di Mal of Indonesia (MOI), Jakarta, Senin (31/10/2016).

Nur Kholis menyebut, setiap tim diwakili oleh dua siswa dan guru pendamping. Melihat antusias peserta kontes robotik ini, kata dia, siswa madrasah tak kalah unggul di bidang robotika meski fokus pada nilai keagamaan.

"Justru fakta di lapangan anak madrasah banyak yang berpotensi. Banyak yang ikut dan menang dalam berbagai lomba. Artinya geliat di bidang ini luar biasa. Dan ajang ini sebagai tanggung jawab pembinaan," terangnya.

Pemenang ajang ini pun akan mendapat kesempatan terbang ke Jerman untuk meengenal lebih jauh tentang teknologi robotik. Sedangkan Nur Kholis menambahkan, ke depan penyelenggaraan festival dan kompetisi robot dapat lebih banyak diikuti siswa madrasah hingga dari pelosok negeri.

"Evaluasi untuk 2017 ingin memperluas peserta. Hanya karena anggaran terbatas mungkin nanti yang di Jawa tidak diberi transportasi pesawat, tetapi kendaraan lain. Yang jelas kompetisi akan dijalankan lebih serius lagi," pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini