Share

Berprestasi, Anak Cleaning Service RSJ Bisa Kuliah Gratis

Susi Fatimah, Okezone · Jum'at 21 Oktober 2016 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 65 1520906 berprestasi-anak-cleaning-service-rsj-bisa-kuliah-gratis-C7Bv0K0rGA.jpg Foto: Susi Fatimah/Okezone

ACEH - Bisa meraih pendidikan tinggi rasanya tidak cukup jika tidak mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan yang berguna bagi masyarakat.

Mahasiswa jurusan teknik informatika Universitas Syiah Kuala, Fadel Ariefah, berharap bisa menciptakan inovasi-inovasi yang berguna bagi banyak orang.

"Saya masih otak-atik, tidur jam 2 pagi, bangun jam 5 sebelum berangkat kuliah," ujar Fadel saat kediamanya di Desa Lempujung, Kabupaten Aceh Besar didatangi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Jumat (21/10/2016).

Fadel merupakan satu dari ratusan mahasiswa lain di Aceh yang menerima beasiswa Bidikmisi dari Kemristemdikti. Mahasiswa kelahiran 19 Juni 1996 itu bersyukur menerima bantuan biaya kuliah dari pemerintah. Dia berharap bisa meraih prestasi yang baik dan mengubah nasib keluarganya menjadi lebih baik.

"Kaget juga enggak nyangka rumah didatangi pak menteri. Pak menteri jauh-jauh mau datang ke sini dengan kondisi rumah begini, terharu," ujar Fadel yang bercita-cita menjadi pengusaha.

Menristekdikti, Mohamad Nasir, menyemangati Fadel agar terus berinovasi. Jika sudah menciptakan inovasi, Kemristekdikti bisa memfasilitasinya untuk diindustrikan. Menurut Nasir, meski berasal dari ekonomi tidak mampu, anak-anak Indonesia harus tetap mendapatkan pendidikan.

"Harapan saya mereka ini bisa membangun daerahnya dan Indonesia di masa depan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Nasir sempat menyayangkan indeks prestasi kumulatif (IPK) Fadel. Dengan malu-malu, anak pertama pasangan Mulyanah dan Syafriza itu menjawab, "Baru 3,4 pak. Saya berharap pas lulus nanti bisa 3,9," katanya.

Mendengar itu, Nasir mengapresiasi. "Nanti kalau kamu lulus IPK 3,9 kontak saya ya. Saya akan kasih hadiah untuk kamu," tuturnya disambut senyum bahagia Fadel.

Mulyanah, ibunda Fadel merupakan cleaning service di sebuah rumah sakit jiwa di Banda Aceh. Sementara sang ayah bekerja sebagai pengrajin perabotan rumah tangga. Penghasilanya yang pas-pasan tak mampu membiayai kuliah sang anak.

"Saya ingin anak saya kuliah terus," harapnya. (afr)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini