Share

Mahasiswa Untidar Gelar Bazar Produk Iptek untuk Kewirausahaan

Agregasi Antara, · Kamis 01 September 2016 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 01 65 1478678 mahasiswa-untidar-gelar-bazar-produk-iptek-untuk-kewirausahaan-v6pzui6DHo.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

MAGELANG - Para mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) Kota Magelang, Jawa Tengah yang menjadi peserta Program Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kewirausahaan Kemenristekdikti menggelar bazar untuk mengenalkan berbagai produk mereka dalam program tersebut.

Wakil Rektor I Untidar Kota Magelang Ali Munawar saat membuka bazar, Kamis (1/9/2016), mengemukakan tentang potensi pasar lokal yang selalu terbuka untuk berbagai produk wirausaha, termasuk yang dihasilkan oleh kalangan mahasiswa.

"Di sekitar sekolah-sekolah, TK, SD, SMP berkembang kuliner, banyak produk yang bisa dipasarkan dengan tetap menjaga higienitas, dengan bahan, dan pengolahan yang higienis," tuturnya.

Berbagai produk kewirausahaan mahasiswa Untidar yang disajikan dalam bazar hingga Jumat (2/9/2016) antara lain aneka makanan olahan, bibit tanaman, batik, kopi, beras, kerajinan tangan, sablon, dan kuliner.

Ia mengemukakan tentang pentingnya pemanfaatan metode yang modern dalam pengembangan kewirausahaan supaya aneka produknya meraih pasar.

"Ada pasar potensial, ada segmen pasar yang baik," ucapnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Kewirausahaan Untidar Sri Bondan mengatakan, selama dua tahun terakhir mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Magelang itu, mendapat kesempatan dari Kemristek dan Dikti untuk mengikuti hibah Program Iptek bagi Kewirausahaan.

"Sekarang ini tahun kedua diikuti 23 mahasiswa, minimal harus bisa menelurkan lima wirausaha baru. Tahun 2015 diikuti 23 mahasiswa juga, menelurkan 15 mahasiswa yang mengembangkan wirausaha," ujarnya.

Ia mengatakan pendampingan kepada mereka dilakukan secara intensif oleh tim agar wirausahanya tumbuh dan berkembang, sedangkan bantuan peralatan pendukung produksi juga diberikan kepada peserta program hibah tersebut.

Selama ini, katanya, berbagai kesempatan dimanfaatkan mahasiswa untuk uji coba pemasaran produk, antara lain di Alun-Alun Kota Magelang saat menjelang buka puasa Ramadan, di Alun-Alun Temanggung, dan saat keramaian pengajian di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan berbagai pelatihan juga dijalani peserta antara lain tentang peningkatan kreativitas produk, bisnis secara dalam jaringan, warung usaha, waralaba, dan pembukuan.

"Mereka juga menjalani magang sesuai jenis produksinya dan uji coba mandiri dalam penjualan," tambah Bondan yang juga pengajar kewirausahaan Fakultas Ekonomi Untidar Kota Magelang.

Ia mengatakan peranan orangtua mahasiswa peserta program itu sebagai hal yang penting guna mendukung mereka dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan.

"Tanpa dukungan orangtua, mereka kesulitan menjalani program ini. Mereka yang ikut program ini juga harus menjalani tahap seleksi terlebih dahulu. Mereka yang ikut ini dari berbagai program studi, tidak hanya yang mahasiswa Fakultas Ekonomi saja," pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini