Share

12 Mahasiswa Unnes Ikut Pertukaran Mahasiswa ke Empat Kampus

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 31 Agustus 2016 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 65 1477584 12-mahasiswa-unnes-ikut-pertukaran-mahasiswa-ke-empat-kampus-BRN5ilyEP0.jpg Foto: Dok Unnes

JAKARTA - Selain mengejar prestasi akademis, seorang mahasiswa juga harus mengembangkan soft skill, seperti kepeminpinan dan komunikasi. Hal tersebut dapat dilakukan melalui proses pembelajaran antarbudaya, seperti pertukaran pelajar.

Guna melatih kemampuan tersebut 12 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) dari berbagai fakultas mengikuti Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Menurut Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman, MHum, ini merupakan kali pertama Unnes mengikuti program ini.

"Program ini dalam rangka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekat kebangsaan antarmahasiswa se-Indonesia," tuturnya dikutip dari laman Unnes, Rabu (31/8/2016).

Para peserta program akan melakukan perkuliahan di perguruan tinggi yang dituju selama satu semester yakni mulai September sampai dengan Desember. Selama mengikuti pertukaran, setiap mahasiswa akan mendapat biaya hidup sebesar Rp3,6 juta, termasuk tiket pulang-pergi dari Kemristekdikti.

Penyebaran 12 mahasiswa Unnes ini, yaitu Andar Jaya Parocua, Sela Mawarti, Linda Ajeng Pratiwi, Yanuar Riesma Hendra, Adhe Oktaria Bustomi, dan Esra Emilianus Tarigan akan dikirim ke Universitas Negeri Medan (Unimed) Sumatera Utara. Kemudian Mailly Paiticen dan Isma Nurvaizah diterjunkan ke Universitas Negeri Papua.

Berikutnya Muhammad Dhobith Zul Hilmi dan Eka Ernita Oktaviana melakukan pertukaran pelajar ke Universitas Negeri Gorontalo. Sementara Dessy Ratna Puspita dan Ria Ulviana akan menjalani program di Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini