Share

Bisnis Digital Peluang Sukses Generasi Muda Masa Kini

Iradhatie Wurinanda, · Kamis 25 Agustus 2016 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 24 65 1472201 bisnis-digital-peluang-sukses-generasi-muda-masa-kini-SRJnFnDyVU.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Bisnis digital saat ini telah menjadi model ekonomi baru dunia. Uniknya, pelaku bisnis ini sebagian besar adalah para anak muda. Bahkan, tak jarang mahasiswa sudah berani memanfaatkan peluang dalam tren bisnis ini.

"Kontribusi ekonomi digital untuk perekonomian di Amerika Serikat sudah mencapai 21 persen atau setara dengan empat kali GDP Indonesia," tutur CEO Bukalapak.com, Achmad Zaki, dikutip dari keterangan pers yang diterima Okezone, Kamis (25/8/2016).

Dalam orasi ilmiahnya di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Zaki berpesan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa untuk tanggap dalam memanfaatkan kesempatan yang ada. Baginya, masa kuliah menjadi masa emas untuk berkreasi.

"Masa kuliah adalah golden age. Mahasiswa bisa bebas berkarya tanpa terlalu banyak hal yang harus dipikirkan. Pesan saya kepada generasi muda, lihatlah tren baru ini dan jadikan peluang. Opportunity untuk berkarier di bidang bisnis digital besar sekali," ucapnya.

Di hadapan para mahasiswa baru UMN, pria kelahiran Sragen 24 Agustus 1986 itu juga memberikan beberapa tips untuk sukses di dunia bisnis digital.

"Yang pertama memanfaatkan waktu untuk belajar dan mencoba berbagai macam hal. Setelah itu, jangan ragu untuk mengambil risiko," terangnya.

Melalui risiko dan tantangan inilah, lanjut Zaki, generasi muda akan mendapat lebih banyak ilmu. Kendati demikian, dia berpesan agar para mahasiswa mau fokus terhadap bidang yang disenangi. Sebab, seseorang akan lebih mudah mencapai kesuksesan jika melakukan hal yang disukai atau sesuai dengan passion-nya.

"Terakhir, temukan bidang yang kita sukai agar nanti saat mengerjakan kita bisa fokus dan menggeluti bidang tersebut dengan sepenuh hati," tukas Zaki.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini