Oxford Masih Terbaik di Inggris

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 24 Juni 2016 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 23 65 1423418 oxford-masih-terbaik-di-inggris-6dGgC9GdJG.jpg University of Oxford. (Foto: Alamy)

JAKARTA - Times Higher Education (THE) kembali merilis pemeringkatan kampus terbaik di dunia. Kali ini, University of Oxford masih menjadi yang terbaik kampus se-Inggris Raya. Setelah Oxford, posisi terbaik kedua ditempati oleh University of Cambridge.

Dari 78 kampus bergengsi di Inggris dan Irlandia, tiga universitas di Skotlandia masuk dalam 15 besar, meliputi University of Edinburgh, The University of Glasgow, dan The University of St Andrews. Kampus-kampus di sekitar London pun tak kalah baiknya. Sebab, 15 dari 78 kampus terbaik itu berlokasi di London. Beberapa di antaranya, yakni Imperial College London dan University College London.

Disitat dari laman THE, berikut ini uraian lima kampus terbaik di Inggris 2016.

1. University of Oxford

Universitas ini memiliki standar yang tinggi dalam menerima mahasiswa. Pada 2015, 18 ribu pelajar tingkat sarjana mendaftar ke kampus ini, sedangkan yang diterima hanya 3.200 mahasiswa. Untuk program pascasarjana, dari 24 ribu pelamar hanya diterima 5.200 mahasiswa.

Selain unggul di berbagai aspek, University of Oxford juga telah mencetak lulusan yang berpengaruh di dunia. Bagaimana tidak, lebih dari 30 pemimpin dunia menjadi alumni kampus ini. Sebanyak 26 perdana menteri Inggris juga termasuk dalam daftar lulusan University of Oxford. Ditambah lebih dari 120 peraih medali olimpiade dan tokoh terkenal, seperti Stephen Hawking, Hugh Grant dan Indira Ghandi juga merupakan aumni Oxford.

2. University of Cambridge

University of Cambridge juga termasuk kampus tertua di dunia. Kampus ini unggul di bidang matematika dan telah menjadi tempat belajar bagi berbagai ilmuwan ternama di Inggris. Kampus ini memiliki lebih dari 100 jurusan akademis dan perpustakaan yang lengkap.

Lulusan University of Cambridge bermacam-macam, dari mulai aktor, politikus, anggota kerajaan, hingga tokoh budaya.

3. Imperial College London

Universitas ini secara konsisten menjadi satu dari sekian banyak kampus yang unggul di bidang sains, teknologi, teknik, kedokteran, dan bisnis. Saat ini ada 14.700 mahasiswa menimba ilmu di sana.

Unggul di bidang sains dan teknologi membuat lulusan Imperial College London banyak menjadi inovator baru pada bidang industri maupun bisnis. Sebagian besar mereka juga banyak yang membangun bisnis start-up. Beberapa alumni yang terkenal, yaitu H. G. Wells dan Sir Liam Donaldson.

4. University College London (UCL)

UCL adalah kampus pertama di Inggris yang mengakui adanya keberagaman dan kesetaraan gender. Kampus ini memiliki beberapa jurusan unggulan, seperti di bidang filsafat, politik, dan ekonomi.

UCL juga merupakan almamater dari berbagai tokoh terkenal dunia, yakni Mahatma Gandhi, Alexander Graham Bell, hingga vokalis band Coldplay, Chris Martin.

5. London School of Economics and Political Science (LSE)

LSE merupakan kampus yang menerima mahasiswa internasional dalam jumlah yang banyak. Tak tanggung-tanggung, proporsi mahasiswa internasional tersebut mencapai 70 persen.

Kekuatan kampus ini, yakni pada jurusan hukum, ekonomi, sejarah, filsafat, dan politik. Hingga saat ini 26 persen dari penerima nobel ekonomi adalah alumni dari LSE.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini