PENS Taklukkan ITB di Penyisihan KRI 2016

Nurul Arifin, Okezone · Jum'at 03 Juni 2016 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 03 65 1405740 pens-taklukkan-itb-di-penyisihan-kri-2016-wTI1hs8WTD.jpg Nomor Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 di Surabaya. (Foto: ist)

SURABAYA - Tim PENSAE dari Politeknik Negeri Surabaya (PENS) berhasil mengalahkan lawannya yakni Garudago ITB dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam babak penyisihan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016. Keduanya bertemu di Divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Pada divisi ini, kedua tim diharuskan menyelesaikan pertandingan dalam waktu maksimal tiga menit. Setiap tim, baik eco-robot dan hybrid-robot harus menyelesaikan pertandingan dengan melintasi lima zona lintasan dan memasangkan propeller di zona terakhir.

PENSAE yang semula mengalami beberapa kendala dan sempat terjatuh pada running test, kini tampak tampil berbeda dan memukau. Tak perlu waktu lama, hanya waktu 27 detik PENSAE berhasil menyelesaikan pertandingan dengan mulus tanpa kendala.

Penampilan pertama PENSAE sendiri sangat ditunggu-tunggu penonton, khususnya suporter dari PENS yaitu EEPIS Supporter Team (EST). PENSAE berhasil menunjukkan peformanya dengan sangat menakjubkan yakni berhasil Chai-Yo dengan sisa waktu 2.33 menit.

Performa tersebut membuktikan bahwa PENSAE berhasil memperbaiki kendala yang ada pada running test, Kamis (3/6/2016), kemarin. Diharapkan PENSAE dapat mempertahankan performa hingga meraih juara pertama di KRI 2016.

Ketua Dewan Juri KRI 2016 Wahidin Wahab mengatakan, tiap tahun tema kontes berbeda-beda. Terutama pada divisi perlombang robot ABU Indonesia. Tahun ini, kontes robot ABU Indonesia mengikuti tema yang ditentukan di tingkat internasional, The Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon), yakni Renewable Energy Bridging the Future.

"Makin lama temanya makin sulit karena harus ada kerjasama dua robot, sehingga masing-masing tim membuat dua robot yang harus bisa bekerja sama melaksanakan tugas yang ditentukan," kata Wahidin kepada wartawan, Jumat (3/6/2016).

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 114 tim robot dari 51 perguruan tinggi se-Indonesia siap mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 di Surabaya pada 1-4 Juni. Mereka merupakan hasil seleksi dari empat regional yakni Sumatera, DKI Jakarta, Jateng, dan Jatim. KRI ini digelar Surabaya Supermall Convention Center (SCC) Surabaya Barat.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini