Share

Kemampuan Bahasa Inggris orang Indonesia Meningkat

Afriani Susanti , Okezone · Jum'at 20 Mei 2016 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 20 65 1393621 kemampuan-bahasa-inggris-orang-indonesia-meningkat-rrgudiQdFz.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Resminya Indonesia menjadi anggota dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mendorong masyarakat Indonesia semakin sadar dengan kemampuan yang harus mereka miliki. Keinginan untuk terus memperbaharui kemampuan semakin terlihat, misalnya dalam berbahasa asing yaitu bahasa Inggris.

"Kemampuan berbahasa Inggris turut memberi nilai lebih pada daya saing seseorang. Saat ini sendiri, keinginan masyarakat Indonesia untuk belajar bahasa Inggris meningkat sehingga kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris pun meningkat," ujar Center Director English First (EF), Mahardika Halim di EF Senayan, Jumat (20/5/2016).

Meski meningkat, ujar Mahardika, kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia sendiri sejatinya masih rendah. Bahkan, kemampuan berbahasa Inggris orang Malaysia dan Vietnam di atas Indonesia.

"Namun di bawah Indonesia masih ada Turki dan Iran. Selain Indonesia, Vietnam juga menjadi negara yang mengalami peningkatan pada kemampuan bahasa Inggrisnya," tambahnya.

Mengutip data EF Proficiency Index (EPI) 2015, kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia ada di urutan ke-32 dari 70 negara yang disurvei. Lima besar skor tertinggi adalah Swedia, Belanda, Denmark, Norwegia, dan Finlandia. Di level Asia, Indonesia ada di peringkat delapan, di bawah Singapura, Malaysia, dan India.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini