Puluhan Pelajar di Singaraja Melukis di Atas Sampah Plastik

Raiza Andini, Okezone · Senin 25 April 2016 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 25 65 1372058 puluhan-pelajar-di-singaraja-melukis-di-atas-sampah-plastik-osccK0T6u0.jpg Puluhan siswa di Bali menyelenggarakan Gerakan Peduli Sampah dengan melukis di atas plastik. (Foto: Raiza/Okezone)

BULELENG – Puluhan pelajar se-kota Singaraja diajak melukis di atas sampah plastik pada kegiatan Gerakan Peduli Sampah Jilid III garapan Manik Bumi Foundation bertempat di Gedung Sasana Budaya. Mereka menuangkan kreativitas di atas sampah plastik yang dimentori langsung oleh seniman lukis Made Bayak.

Seniman lukis Made Bayak memaparkan aksi melukis di atas sampah plastik ini sebagai bentuk meningkatkan kreativitas para pelajar dan mengubah mainstream bahwa kegiatan melukis tidak hanya di atas kanvas tetapi bisa diterapkan di sampah plastik.

“Misi utamanya adalah bagaimana mereka mendapatkan sampah plastik itu untuk menjadi karya seni,” papar Made Bayak di sela-sela acara, Singaraja, Buleleng.

Selain itu, Made Bayak juga ingin mengenalkan para pelajar untuk dapat peduli terhadap lingkungan di sekitar dan juga mampu memanfaatkan sampah-sampah plastik yang mereka konsumsi selama ini untuk dijadikan hasil karya bernilai tinggi.

Pihaknya berharap agar hal tersebut mampu menyuntik kreativitas masyarakat untuk dapat mengelola sampahnya. Dengan begitu, tingkat ekonomi akan berkembang di setiap wilayah dan mendapat juga mengentaskan kemiskinan dengan membuat lapangan pekerjaan dari sampah.

"Mudah-mudahan memberi efek ke mereka dan menggunakan semua kreativtasnya serta imajinasinya untuk mengembangkan produk-produk dari sampah menjadi sebuah karya," tambahnya.

Salah satu pelajar dari SMP 4 memiliki konsep dan filosofi dalam menuangkan ide kreativitas mereka di atas sampah plastik dalam kegiatan Workshop Plastikologi tersebut. Putu Eka mengangkat isu lingkungan hidup dalam upaya menyadarkan masyarakat agar lebih peduli terhadap Ibu Pertiwi.

"Konsep lukisan kami ini melindungi bumi. Kami membuat gambar bumi yang disangga dengan tangan manusia. Maknanya, kita sebagai umat manusia yang memiliki pemikiran lebih dari makhluk lainnya yang sepantasnya melindungi bumi," tandasnya.(afr)

 


Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini