Share

40 Perguruan Tinggi Gelar Program Profesi Insinyur

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 13 April 2016 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 13 65 1361710 40-perguruan-tinggi-gelar-program-profesi-insinyur-XDmkEyDLGD.jpg Konferensi pers Sosialisasi Program Studi Program Profesi Insinyur. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Menteri Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir memberikan mandat kepada 40 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Tanah Air untuk menjadi rintisan penyelenggara Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI). Ditargetkan, PS-PPI sudah mulai dilaksanakan pada tahun akademis 2016/2017, tepatnya September mendatang.

"Ini merupakan hal baru sehingga perlu disosialisasikan oleh universitas masing-masing. Dosen juga harus dipikirkan supaya program ini berjalan dengan baik," ucap Nasir dalam sosialisasi PS-PPI di Gedung D Kemristekdikti, Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Nasir menjelaskan, perguruan tinggi penyelenggara PS-PPI wajib memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Setidaknya, terdapat 10 poin yang harus dipenuhi, seperti menyiapkan kelembagaan, memiliki akreditasi institusi yang baik serta memiliki sekurang-kurangnya lima prodi teknik.

"Program profesi insinyur ini penting melihat persaingan di masa datang sangat ketat. Ini diatur supaya bisa bersaing di MEA juga tingkat dunia," terangnya.

Mantan Rektor Terpilih Universitas Dipenogoro (Undip) ini menambahkan, saat ini bekerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sedang menyusun ketentuan kompetensi apa yang akan dinilai dan dibutuhkan supaya lulusan teknik dan ilmu terapan lainnya mampu mendapat pengakuan di bidangnya.

"Perlu ada regulasi untuk menentukan kompetensi yang dibutuhkan. Setelah berjalan akan dilakukan evaluasi selama enam bulan. yang penting, kriteria yang diberikan harus bisa mengakomodasi seluruh kampus negeri dan swasta. Terutama kualitas, harus diutamakan," tegasnya.

Adapun beberapa universitas yang diberi mandat adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Trisakti dan Universitas Bina Nusantara (Binus).

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini