Share

Kemampuan Bahasa Asing Masyarakat Indonesia Masih Rendah

Afriani Susanti , Okezone · Senin 28 Maret 2016 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 26 65 1346243 kemampuan-bahasa-asing-masyarakat-indonesia-masih-rendah-PwCLP9S1Te.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA – Memiliki kemampuan berbahasa asing tentu bisa membawa banyak keuntungan. Selain bisa berkomunikasi dengan masyarakat dari berbagai negara, keterampilan ini juga bisa memudahkan kita untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Sayangnya, kemampuan bahasa asing yang dimiliki masyarakat Indonesia masih rendah. Hal itu diungkapkan oleh Penggagas Gerakan Mencetak Seribu Habibie untuk Indonesia, Bimo Sasongko kepada Okezone, di Jakarta, belum lama ini.

"Sangat kurang, sekolah sudah menutup akses untuk belajar bahasa asing selain bahasa Inggris. Bahkan di beberapa sekolah negeri maupun swasta tidak ada pelajaran tentang bahasa asingnya," ungkapnya.

Bimo menjelaskan, semasa bersekolah dulu, banyak sekolah yang menyediakan pembelajaran tentang bahasa asing. Hal itu sangatlah penting, apalagi bagi siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan studi di luar negeri.

"Karena kalau kita belajar bahasa asing, kita tidak hanya belajar bahasanya, tapi juga mengetahui tentang budaya dan pengetahuan," ujarnya.

Atas fenomena tersebut, dia pun berinisatif untuk membuka beasiswa bagi siswa SMA untuk mempelajari bahasa asing. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat seluas-luasnya mengenai bahasa asing tersebut.

"Supaya bisa mengedukasi masyarakat Indonesia untuk mau mempelajari bahasa asing dan berani memiliki mimpi untuk bersekolah di luar negeri. Karena pada akhirnya, hal tersebut bisa membangun Negara Indonesia," tambahnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini