Komitmen Remaja Jauhi Narkoba & Tawuran

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Rabu 23 Maret 2016 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 23 65 1344128 komitmen-remaja-jauhi-narkoba-tawuran-WwDD6Zs656.jpg Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di Bojongsari, Depok. (Foto: Marieska HV/Okezone)

DEPOK – Kegiatan anak muda dapat disalurkan dengan positif. Salah satunya dicontohkan oleh sekumpulan pelajar dan mahasiswa di Depok yang tergabung dalam Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK–R) di RW 05 Bukit Sawangan Indah Kelurahan Duren Mekar Kecamatan Bojongsari Depok. Kelompok yang terdiri dari 600 pelajar dan mahasiswa berusia 10 hingga 24 tahun ini aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Ketua PIK–R yang juga mahasiswa Uhamka Fakultas Ilmu Kesehatan, Syahrur Rido menjelaskan, mereka aktif dalam kegiatan sosial dan kesehatan dengan cara memberikan edukasi, sosialisasi, dan penyuluhan. Fokus kerja mereka terkait isu sosial dan kesehatan seperti masalah bahaya HIV AIDS, narkoba, tawuran pelajar, serta pendewasaan usia perkawinan.

"Kami sudah siapkan beberapa program kerja dan bersinergi dengan Karang Taruna. Kami fokus ikut memberantas bahaya narkoba dengan cara membuat leaflet berisi materi bahaya narkoba dan dampaknya," ujar Syahrur, Rabu (23/3/2016).

Syahrur menambahkan, pihaknya juga menerima laporan jika ada remaja pengguna narkoba di lingkungan mereka. Salah satunya dengan cara konseling.

"Kami juga kampanye kepada remaja melalui film. Kami juga menjadi wadah bagi orangtua yang ingin memonitor anak-anaknya. Kami juga membuka email pengaduan untuk curhat masalahnya atau ketemu langsung lalu mencarikan solusi bersama," jelasnya.

Pembina PIK-R Ali Fauzan menjelaskan, kelompok yang dirintis sejak 2003 ini juga mengawasi para remaja serta sosialisasi seputar bahaya internet serta pornografi. Mereka rutin menggelar kegiatan positif usai pulang sekolah ataupun akhir pekan saat libur.

"Kami memang tetap fokus pada masalah remaja, beri penyuluhan sosial. Lewat fotografi juga dan Vlog. Kami semacam pengawas bagi sesama remaja, lalu bersinergi dengan RT dan RW," tutur Fauzan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini