Pemuda Perindo Ajak Mahasiswa Siap Taklukkan MEA

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 25 Februari 2016 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 25 65 1321246 pemuda-perindo-ajak-mahasiswa-siap-taklukkan-mea-7gyjJHLpZN.jpg Seminar Bersama BEM UIJ, "Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Menyambut MEA". (Foto: Afriani S/Okezone)

JAKARTA - Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah mulai berlangsung. Anak muda Indonesia pun tak bisa lagi mengelak, dan harus siap menghadapinya.

Dalam Seminar Bersama BEM Universitas Islam Jakarta (UIJ) bertema "Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Menyambut MEA", Ketua DPP Pemuda Perindo Effendi Syahputra menegaskan, sebagai bagian dari kelompok muda, para mahasiswa harus siap menghadapi MEA pada situasi apa pun.

"Suka atau tidak suka MEA itu sudah terjadi. Dan telah disepakati oleh kepala-kepala MEA," ujar Effendi di kampus UIJ, Utan Kayu, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Sayangnya, kata Effendi, kebanyakan mahasiswa saat ini belum membentuk mentalitasnya agar mereka tidak hanya berpikir tentang perkuliahan. Mereka juga sebaiknya memikirkan kemungkinan lain, seperti berwirausaha dan membuka lapangan kerja sendiri.

"Mahasiswa juga harus melihat peluang untuk menjadi wirausahawan, kemudian bagaimana mereka bisa berinovasi," imbuhnya.

Dia juga menyoroti proyeksi perkembangan Indonesia dalam 10 hingga 20 tahun mendatang. Apalagi di masa tersebut, Indonesia akan mengalami bonus demografi, yaitu berupa kelebihan angkatan kerja produktif.

"Jika kita bisa memanfaatkan bonus demografi tersebut dengan berinovasi maka Indonesia akan maju. Kita lihat akan seperti apa 10 sampai 20 tahun ke depan," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini