Share

Dorong Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional

Afriani Susanti , Okezone · Selasa 23 Februari 2016 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 23 65 1319286 dorong-bahasa-indonesia-jadi-bahasa-internasional-VUGbM0Irc9.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

SAWANGAN - Salah satu misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam bidang budaya adalah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Target ini diturunkan melalui berbagai program.

Kepala Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APBIPA), Liliana Muliastuti menyatakan, salah satu cara meningkatkan eksistensi bahasa Indonesia di kancah internasional adalah dengan memperbanyak kosa kata.

"Untuk menambah kosa kata ini, kita bisa mengambilnya dari bahasa daerah dan menghidupkan kembali kosa kata bahasa Indonesia yang lama," ujar Liliana, dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2016 di Pusdiklat Kemdikbud, Sawangan, Depok, Selasa (23/2/2016).

Selain itu, kata Liliana, kita juga perlu menyusun sebuah standar bagi Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) keluar negeri serta menambahkan materi pembelajaran BIPA itu sendiri. Standar tersebut meliputi kurikulum, silabus hingga kompetensi pengajar.

"Perlu segera dibuat penjaminan mutu yang mencakup kualitas rangkaian pembelajaran, sarana serta prasarana," imbuh Liliana.

Terkait BIPA, Liliana juga mengimbau agar perguruan tinggi bisa lebih banyak lagi membuka program studi dan sertifikasi BIPA.

Sebagai informasi, belum lama ini Mendikbud Anies Baswedan melepas puluhan pengajar BIPA yang akan disebar ke berbagai negara. Mereka akan mengajarkan bahasa Indonesia di berbagai institusi, mulai dari lembaga pendidikan, sekolah hingga perguruan tinggi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini