263 Lulusan Guru Siap Mengabdi di Pelosok Indonesia

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 19 Februari 2016 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 19 65 1316188 263-lulusan-guru-siap-mengabdi-di-pelosok-indonesia-mfNw8oZ9dq.jpg Dua guru berbagi ruang kelas dalam proses belajar mengajar. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Hari ini Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan mewisuda 263 lulusan guru yang siap ditempatkan di berbagai kawasan di Indonesia. Proses wisuda akan dipimpin langsung oleh Rektor UNJ, Prof Dr Djaali, di Aula Latief Hendraningrat Gedung Dewi Sartika Kampus A UNJ Rawamangun, Jakarta.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jumat (19/2/2016), para wisudawan tersebut terdiri atas 232 lulusan Program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG SM-3T), serta 31 lulusan Program PPG Terintegrasi (PPGT).

UNJ sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia telah mencetak ratusan guru melalui program PPG SM-3T yang kali ini memasuki angkatan ke-III. Program tersebut sendiri merupakan sub program MBMI (Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia) untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru di daerah yang tergolong 3T.

Para lulusan program PPG SM-3T nantinya ditempatkan di beberapa wilayah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Setidaknya terdapat sembilan provinsi yang menjadi tujuan, meliputi Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Maluku.

Sementara untuk para lulusan program PPG-T yang juga akan diwisuda siang ini adalah angkatan pertama. Tujuan program PPG-T secara umum sama dengan PPG SM-3T, namun yang berbeda adalah sistem perekrutannya. SM-3T merekrut para sarjana pendidik untuk melakukan tugas pengabdian selama setahun di daerah 3T, kemudian baru menempuh PPG selama setahun. Sedangkan PPG-T merekrut para lulusan SMA/SMK dari daerah 3T yang kemudian menempuh masa studi sekira lima tahun sampai lulus PPG.

Selain rektor dan jajarannya, acara wisuda lulusan PPG SM-3T dan PPGT juga dihadiri oleh Direktur Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang akan memberikan orasi ilmiah di hadapan para wisudawan dan tamu undangan. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini