Share

Nonton Film, Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 17 Februari 2016 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 65 1314715 nonton-film-cara-mudah-belajar-bahasa-inggris-lKzcl9pKnt.jpg ASEAN English Olympics (AEO) 2016 di Binus University. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Selama ini kursus menjadi andalan bagi para pelajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris selain mengikuti pelajaran di sekolah. Bahkan, beberapa orangtua sudah mulai mendaftarkan anaknya kursus bahasa Inggris ketika mereka masih kecil.

Ternyata, menurut para pelajar dan mahasiswa, belajar bahasa Inggris paling mudah justru melalui film atau tayangan televisi. Selain lebih santai, metode tersebut sekaligus bisa melatih kemampuan mendengar juga memahami ucapan yang diungkapkan melalui bahasa Inggris.

"Selain kursus, saya kalau nonton film barat enggak pakai terjemahannya. Terus suka dengar lagu bahasa Inggris juga. Itu cara mudahnya," ujar salah satu mahasiswa, Evri, kepada Okezone, saat ditemui dalam ajang Asian English Olympics (AEO) di Binus University, Rabu (17/2/2016).

Selain Evri, seorang mahasiswi bernama Amalia Istiqomah mengungkapkan, menonton film adalah salah satu cara belajar bahasa Inggris secara otodidak. Menurut dia, bahasa yang digunakan dalam film adalah bahasa sehari-hari yang justru lebih bermanfaat untuk berkomunikasi.

"Selain itu banyak baca buku dalam bahasa Inggris. Jadi pelajaran struktur atau grammar dari sekolah, lalu kita melatihnya dengan nonton film, baca buku, dengar lagu. Nanti memperlancarnya dengan berani bicara, jangan takut salah," papar mahasiswi Universitas Brawijaya (UB) itu.

Sementara mahasiswa lain bernama Vindy berpendapat, tak hanya film barat yang bisa dijadikan metode pembelajaran. Menurut dia, film atau drama Korea yang banyak digemari remaja juga bisa dijadikan untuk meningkatkan skill bahasa Inggris.

"Walaupun film Korea tapi pakai terjemahannya bahasa Inggris. Terus, belajar dari TV atau video juga bisa. Aku mulai kuliah sudah enggak kursus bahasa Inggris, tapi aku perbanyak belajar lewat nonton film, juga ikut UKM bahasa Inggris di kampus. Sekarang kemampuan bahasa Inggrisku malah jauh lebih bagus ketimbang pas sekolah dulu saat masih ikut kursus," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini