Share

Perguruan Tinggi Perlu Benahi Manajemen Informasi

ant, · Rabu 17 Februari 2016 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 65 1314374 perguruan-tinggi-perlu-benahi-manajemen-informasi-z5u65126MS.jpg Ilustrasi: Shutterstock

PADANG - Komisi Informasi Sumatera Barat (Sumbar), menyarankan agar perguruan tinggi membenahi manajemen Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Dengan begitu, perguruan tinggi menjadi lebih terbuka dan lengkap dalam pemberian informasi.

"PPID memiliki peranan penting dalam membagi informasi tentang institusi dan bertanggung jawab dalam keterbukaan informasinya, perlu ada perbaikan terus dalam kinerjanya," Kata Ketua Komisi Informasi Sumbar, Syamsurizal di Padang, Rabu (17/2/2016).

Menurutnya, perguruan tinggi termasuk badan publik yang juga memiliki wewenang untuk memberikan informasi, tentunya peranan pejabat yang bersangkutan sangat strategis. Sebab, PPID ini menjadi penyaring utama segala informasi yang masuk dan keluar dari institusi tersebut.

Sebagai contoh, ujar Syamsurizal, Universitas Andalas (Unand) yang meraih penghargaan terbaik Sumbar untuk keterbukaan informasi perlu berhati-hati dan melakukan pembenahan pada PPID. Pasalnya, hingga saat ini universitas terbesar di Sumbar tersebut belum pernah mengalami sengketa dalam keterbukaan informasi.

"Pembenahan PPID ini juga termasuk penempatan wakil di unit fakultas atau jurusan yang ada," katanya.

Syamsurizal menilai, dengan banyaknya unit fakultas yang ada seperti di Unand tentunya alur informasi akan cepat dan intensitasnya banyak. Adanya perwakilan akan memudahkan kinerja PPID. Di samping itu, perguruan tinggi harus memilih PPID yang paham dengan manajemen informasi dan kehumasan.

"Kami berharap tidak hanya Unand, perguruan tinggi lain juga melakukan pembenahan tersebut," imbuhnya.

Sementara itu Rektor Unand, Tafdil Husni mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan diskusi dengan KI Sumbar mengenai manajemen PPID ini. Dia berharap KI dapat terus konsisten mengawasi tentang kinerja badan publik pada keterbukaan informasi.

"Di samping itu, KI juga menjadi andalan badan publik untuk menangkal informasi publik yang bertanggung jawab," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini