Share

Tiga Kunci Kemajuan RI ala JK

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 13 Januari 2016 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 13 65 1287130 tiga-kunci-kemajuan-ri-ala-jk-cicsKmStLJ.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Dok. Okezoone)

JAKARTA - Setiap negara tentu menginginkan kemajuan dan perubahan dalam kehidupan bernegara dan sosial masyarakatnya. Bagi Indonesia, perlu tiga hal kunci untuk mencapai kemajuan bangsa tersebut.

"Ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi mampu memberikan kemajuan secara cepat. Perkembangan teknologi itu mutlak. Komunikasi dan angkutan dapat mengubah dunia secara spontan," ujar Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat menghadiri Dies Natalis ke-18 Universitas Paramadina, di Auditorium Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Melalui orasi ilmiah bertajuk "Inovasi dan Kemajuan Bangsa", JK membeberkan, selama 70 tahun usia kemerdekaan, Indonesia sudah mengalami kemajuan, namun juga masih tertinggal. Menurut dia, pekerjaan rumah utama pemerintah saat ini adalah mengatasi ketimpangan sosial masyarakat Indonesia.

"Ada ketimpangan yang luar biasa. Ini adalah upaya bersama, di samping pemerintah juga punya program. Salah satunya melalui inovasi. Semangat entrepreneuship dan ilmu pengetahuan juga bisa mengubah masalah ketimpangan itu dengan berdirinya usaha-usaha," papar JK.

Salah satu program pemerintah, ungkap JK, adalah kebijakan pajak. Tetapi, untuk membangun sistem pajak yang efektif dibutuhkan IT yang lebih baik lagi. Selain itu, program lainnya, yakni menyangkut mengangkat golongan menengah.

"Lagi-lagi berhubungan dengan teknologi dan inovasi. Mengangkat golongan menengah juga bukan dengan mengangkat sebagai PNS atau pejabat, tetapi dengan membentuk entrepreneur," ucapnya.

Oleh karena itu JK berharap setiap universitas, khususnya Paramadina konsisten mencetak lulusan yang punya kompetensi dan daya saing kuat untuk memajukan bangsa. Dia optimistis, Indonesia punya kekuatan yang lebih banyak dibanding negara lain.

"Komunikasi cepat ditambah angkutan murah, maka semua akan tumbuh. Didukung dengan universitas yang melihat masa depan secara ilmiah dan teknologi," tukasnya. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini