Share

Pesan JK untuk Universitas Paramadina

ant, · Rabu 13 Januari 2016 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 13 65 1287023 pesan-jk-untuk-universitas-paramadina-qi4gJ8Mrmt.jpg Wapres Jusuf Kalla. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri Dies Natalis ke-18 Universitas Paramadina. Sang wapres pun memiliki pesan khusus untuk kampus tersebut dan semua perguruan tinggi di Tanah Air.

Dalam orasi ilmiah di Auditorium Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina di Jakarta, Rabu (13/1/2016), JK mengemukakan harapan dan keinginannya agar berbagai universitas di Tanah Air bisa menjadi motor penciptaaan inovasi yang dapat memajukan rakyat dan bangsa Indonesia. Melalui pidato bertajuk "Inovasi dan Kemajuan Bangsa" itu, JK menekankan pentingnya inovasi dalam proses akademisi di lingkungan universitas, terutama yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menciptaan lapangan kerja di masyarakat.

Dia juga menginginkan agar adanya pembangunan yang seimbang di Indonesia, serta agar prinsip-prinsip Islami seperti yang diajarkan di Universitas Paramadina Indonesia juga dapat menyebar dan menjadi contoh bagi dunia. JK memang beberapa kali menggarisbawahi pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan, seperti yang disampaikannya dalam Kongres XX Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Jakarta, 11 Desember 2015.

"Kalau insinyur tidak menemukan inovasi, maka tidak membuat kemajuan karena inovasilah yang menimbulkan kebangkitan atau penemuan. Maka sebagai insinyur harus berlandaskan pada inovasi," kata JK.

Dalam acara PII akhir tahun lalu itu, JK menjelaskan perbedaan antara insinyur dengan ekonom, yaitu ilmu ekonomi selalu berkembang ketika ada krisis. Tapi insinyur setiap inovasi baru selalu mendatangkan kemajuan.

Lebih lanjut dia mengatakan, insinyur harus terus melakukan inovasi karena ilmu pengetahuan sangat cepat berkembang misalnya ilmu Teknologi Informasi (IT) yang berkembang setiap 1,5 tahun.

"Jika tidak diasah, dilatih dan ditingkatkan maka ilmunya akan hilang hanya tinggal ijazahnya saja," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini