Islah UNJ Tak Hanya Selamatan Ketua BEM

Iradhatie Wurinanda, · Kamis 07 Januari 2016 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 07 65 1282495 islah-unj-tak-hanya-selamatan-ketua-bem-B3yC2LFQH9.jpg Foto: dok. Okezone

JAKARTA - Kesepakatan yang terjadi antara Pimpinan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan BEM UNJ telah membuat Ronny Setiawan batal di-drop out (DO). Ronny pun tetap menjadi mahasiswa dan Ketua BEM UNJ. Namun, tak hanya Ronny, islah tersebut juga turut menyelamatkan beberapa mahasiswa lainnya yang terlibat.

"Yang terlibat bukan hanya Ronny. Tapi dia ini ibarat simbol. Ketika Ronny selesai, semuanya selesai. Sudah tak ada masalah, masing-masing sudah menyatakan permintaan maafnya sekaligus mengakui kesalahan yang diperbuat," tutur Pembantu Rektor Bidang Akademik UNJ, Prof Dr Muchlis Rantoni Luddin, kepada Okezone, usai islah tersebut.

Muchlis menjelaskan, saat rapim memutuskan SK DO untuk Ronny beberapa waktu lalu, Ronny, serta beberapa mahasiswa lainnya dinilai mem-posting beberapa hal tanpa data lengkap dengan terminologi yang kasar.

"Sehingga menimbulkan orang menjadi tertuduh. Di sisi lain komunikasi tidak berjalan baik. Akibatnya miskomunikasi dalam arus media yang terbuka," paparnya.

Kendati demikian, kini semua masalah dan kesalahpahaman tersebut sidah diatasi tanpa adanya pihak yang merasa dirugikan atau dipermalukan. Menurut dia, yang terpenting ke depan harus lebih mengintensifkan komunikasi dari tingkat atas sampai bawah supaya tak ada distorsi.

"Tidak ada yang dirugikan. Ronny bisa tetap melanjutkan kuliah, kemudian rektor juga tak kehilangan wibawa. Semuanya baik, ini dijadikan pelajaran dan ambil hikmahnya," ungkapnya.

Muchlis menilai, masalah seperti itu bisa saja terjadi di setiap universitas. UNJ, kata dia, sebagai kampus besar tentu menjadi banyak perhatian, apalagi jika ada kasus yang mencuat.

"Dengan penyelesaian masalah secara damai tadi, semoga UNJ bisa jadi rujukan kampus lain untuk untuk menyelesaikan konflik di lingkup perguruan tinggi," pungkasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini