Pemerintah Tak Serius Siapkan Pemuda Hadapi MEA

ant, · Senin 28 Desember 2015 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 28 65 1275989 pemerintah-tak-serius-siapkan-pemuda-hadapi-mea-gf4agju1Zz.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah di depan mata. Bagaimanakah kesiapan pemuda Indonesia menghadapi persaingan pasar bebas ini?

"Saya tidak melihat keseriusan pemerintah untuk menyiapkan anak muda Indonesia menghadapi MEA, padahal itu sangat penting," kata Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid saat menerima kunjungan pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III, Jakarta, Senin (28/12/2015).

Hidayat menegaskan, persiapan pemuda dalam menghadapi MEA harus diseriusi karena positif atau negatif dampak MEA tergantung peran anak muda. Menurutnya, jangan sampai Indonesia hanya menjadi pasar bagi negara-negara di Asia Tenggara karena itu kesiapan pemuda menghadapi MEA, mutlak diperlukan.

"Nanti anak muda Indonesia akan bersaing dalam MEA sehingga perlu keseriusan pemerintah dalam menyiapkannya. Jangan sampai maksud ingin untung namun malah buntung," ujar Hidayat.

Dia mengimbuhkan, saat mengunjungi Thailand dia menemukan banyak pemuda di negara tersebut mempelajari bahasa Indonesia. Mereka, kata Hidayat, telah membaca situasi bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar dalam perdagangan di ASEAN.

"Mereka sadar bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar sehingga mereka belajar bahasa Indonesia," katanya.

Dia mempertanyakan kesiapan masyarakat Indonesia dalam menghadapi MEA, misalnya penguasaan bahasa asing agar mereka tidak gagap dalam era perdagangan bebas.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini