Santri Indonesia Siap Go International

Iradhatie Wurinanda, · Senin 07 Desember 2015 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 07 65 1262472 santri-indonesia-siap-go-international-sEekylLuL9.jpg Konferensi pers BSM Santripreneur Award 2015. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), santri di Indonesia tak perlu minder atau takut. Pembina Rumah Entrepreneur Indonesia (REI), KH Ahmat Utomo mengatakan, MEA justru menjadi kesempatan para santri untuk unjuk gigi dengan orang-orang dari berbagai negara.

"MEA itu akan menjadi harapan untuk memberdayakan santri supaya go international. Jadi tidak perlu ditakuti karena itu adalah sebuah kesempatan," ungkapnya dalam konferensi pers BSM Santripreneur Award 2015 di Sere Manis, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Pria yang akran disaba Gus Ut ini menambahkan, saat ini baik para kiai maupun santri sudah sangat modern. Seperti halnya orang yang mengenyam pendidikan di luar pesantren, mereka juga sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

"Kiai sekarang punya gadget, mereka juga memantau internet. Jadi, mereka tahu dan paham perkembangan bisnis saat ini seperti apa," jelasnya.

Sedangkan tantangan yang dihadapi santri dalam merintis usaha atau menjadi santripreneur adalah kurangnya modal. Sehingga, ucap dia, mereka membutuhkan mitra, seperti bank untuk mendukung usahanya.

"Kalau kreativitas tidak usah diragukan lagi karena mereka sangat kreatif. Kalau di sebuah acara saja, mereka tahu apa yang kurang dan harus diperbaiki," terangnya.

Gus Ut menegaskan, pada 2016 para santri di Indonesia sudah siap ke luar negeri. Dia optimistis, para santri tidak akan kalah dengan tenaga kerja dari negara lain.

"Kalau tingkat keberhasilan dari santripreneur sendiri itu dilihat dari memulai usaha sendiri. Kemudian mereka punya tradisi sowan (berkunjung) ke kiainya. Tujuannya, untuk menunjukkan usahanya sudah seperti apa sekaligus bersilaturahim bahwa pendidikan pesantren telah membuat mereka sukses," tukasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini