Share

Pendidikan Pesantren Ciptakan Santripreneur Sukses

Iradhatie Wurinanda, · Senin 07 Desember 2015 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 07 65 1262468 pendidikan-pesantren-ciptakan-santripreneur-sukses-rhryCF0obY.jpg Konferensi pers BSM Santripreneur Award 2015. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Pendidikan di pesantren masih dipandang sebelah mata. Padahal, berdasarkan data dari Kementerian Agama tercatat lebih dari 27.230 pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Di sisi lain, pendidikan pesantren nyatanya juga mampu menciptakan entrepreneur bahkan miliarder sukses di Indonesia. Pasalnya, sejak mengenyam pendidikan di pesantren, para santri sudah dipicu kreativitasnya oleh kiai mereka.

"Para santri itu siap kerja karena mereka tahu kalau tidak ada pilihan lain selain menciptakan lapangan kerja sendiri karena tak punya ijazah. Tetapi, kemampuan mereka sudah diuji oleh para kiai sejak dini," ujar Pembina Rumah Entrepreneur Indonesia (REI), KH Ahmat Utomo, dalam BSM Santripreneur Award 2015 di Sere Manis, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Pria yang akrab disapa Gus Ut itu mengatakan, para kiai memberikan pelajaran entrepreneur dengan mengajari santri bekerja secara langsung.

"Jadi misalnya disuruh ke ladang lalu mereka berkreasi. Disuruh ke kandang ayam mereka juga berkreasi. Nah kreasi-kreasi inilah yang muncul dari pesantren," terangnya.

Pola tersebut, ucap Gus Ut sering tak disadari oleh orang-orang bahwa kiai di pesantren mendidik para santri untuk mandiri. Dia juga menambahkan, menurut catatan Presiden saat ini 9,1 juta santri sudah siap bekerja.

"Pesantren sekarang rata-rata punya SMK jadi lulusannya ya sama dengan lulusan SMK. Hampir 90 persen lulusan pesantren jadi entrepreneur. Kalau tidak malah jadi pejabat di negeri ini," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini