Share

Mendikbud Berharap Pendidikan Nonkurikuler Dikembangkan

Markus Yuwono, Sindoradio · Kamis 03 Desember 2015 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 03 65 1260386 mendikbud-berharap-pendidikan-nonkurikuler-dikembangkan-R8ndV7fmHP.jpg Diharapkan pendidikan nonkurikuler juga bisa dikembangkan. (Foto: Prabowo/Okezone)

YOGYAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta guru di Indonesia memerhatikan pendidikan nonkurikuler. ‎Harapannya dengan hal tersebut bisa memperkenalkan pemahaman tentang menjaga lingkungan.

"Guru-guru di Indonesia lebih banyak yang menaruh perhatian pada pendidikan intrakurikuler. Pendidikan nonkurikuler tidak memeroleh perhatian," kata Anies saat mengisi dialog Konsorsium Pendidikan Hijau di Universitas Janabadra Yogyakarta, Kamis (3/12/2015).

Anies mengakui pendidikan yang selama ini melalui intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler penerapan belum seimbang terkait pener‎apan materi lingkungan. Harapannya ke depan ada keseimbangan dengan cara guru agar tidak kaku dalam penerapannya. "Kegiatan nonkurikuler perlu diperhatikan," ujar dia.

Karena itu, ‎salah satunya dukungan dengan menerbitkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Harapannya, aturan tersebut bisa berfungsi sesuai etika, termasuk menjaga lingkungan, karena pengajaran menjaga lingkungan perlu proses. "Perlu diajarkan dan semua membutuhkan proses pembiasaan," jelasnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini