Cerdas Bermedia, Bekal Sukses Persaingan Global

Iradhatie Wurinanda, · Selasa 01 Desember 2015 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 01 65 1258639 cerdas-bermedia-bekal-sukses-persaingan-global-CsMORL0zWN.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Salah satu hasil dari kemajuan teknologi yang saat ini sangat digandrungi oleh hampir setiap orang adalah media digital. Bagaimana tidak, dengan hanya memanfaatkan internet, segala informasi yang dibutuhkan bisa didapat secara mudah dan cepat.

Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), media menjadi salah satu sarana untuk menyebarluaskan pengetahuan masyarakat tentang era persaingan global tersebut supaya mereka bisa mempersiapkan diri dalam berkompetisi.

"Tapi MEA itu masih konsep. Tidak ada satu pihak pun yang menginisiasi MEA dan membuat strategi komunikasi yang komprehensif untuk menjelaskan tentang MEA," ujar pembawa acara dan penyiar radio senior, Farhan, baru-baru ini.

Kendati demikian, saat ini mulai banyak kampus atau organisasi yang membuat seminar bertema MEA, khususnya bagi anak muda. Cara tersebut, ucap dia, cukup memberikan output yang baik.

"Output-nya pasti ada dengan ikut kegiatan tentang MEA. Tapi apakah seminar itu membuat mereka paham tentang konsep MEA, saya kurang yakin," terangnya.

Farhan berpendapat, media digital menjadi salah satu sarana yang bisa memberikan dampak yang besar bagi masyarakat. Namun, menurutnya kelemahan dari media digital adalah informasi yang terlalu terbuka.

"Konten yang jelek ini akan menjadi risiko. Tapi anak bangsa yang teredukasi dan punya nilai tinggi pasti bisa membedakannya. Ditambah kontrol dari keluarga," tuturnya.

Pria asal Bandung itu menuturkan, cerdas bermedia diperlukan dalam menyongsong MEA, khususnya bagi generasi muda. Sebab, media cetak dan konvensional yang lebih terkontrol saat ini justru kurang diminati untuk dijadikan sebagai sumber informasi.

"Media cetak dan konvensional kontennya kebanyakan biasa saja, jadi anak muda mau baca malas. Media pada saat ini hanya menangkap fenomena yang ada," imbuhnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini