Share

Mengemas Bahasa Inggris dengan Kegiatan Seru

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 27 November 2015 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 27 65 1256817 mengemas-bahasa-inggris-dengan-kegiatan-seru-TKP36Vdizy.jpg Suasana English Festival di kampus UNJ. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang dipakai di seluruh di dunia. Guna meningkatkan skill berbahasa Inggris, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara English Festival (EF) untuk siswa-siswi SMA dan mahasiswa.

Rangkaian acara terdiri atas perlombaan di bidang akademis dan non akademis. Lomba akademis meliputi story telling, debate, speech, dan news anchor. Sedangkan lomba nonakademis mencakup futsal dan photo contest.

"Acara English Festival ini sudah dilakukan empat kali. Kami ingin memfasilitasi anak-anak, khususnya SMA supaya punya kegiatan yang enggak cuma mikir di kelas, tapi juga bisa senang-senang, baik di bidang akademis maupun nonakademis," ucap ketua panitia EF 2015, Restu Indra Sugiarto, Jumat (27/11/2015).

Selain berbagai lomba, sehari sebelumnya juga diselenggarakan seminar bertema "The Craft of Translation in Creative Media". Seminar tersebut diikuti 103 peserta.

"Kami menghadirkan pembicara dari Himpunan Penerjemah Indonesia. Tujuannya berdiskusi bagaimana cara menjadi translator yang baik," imbuh Restu.

Mahasiswa semester V ini menuturkan, dalam melakukan penerjemahan, ada proses, prinsip, dan strategi, terutama menerjemahkan bahasa secara formal. Sehingga, kata dia, seminar tersebut diharapkan mampu memberi pengetahuan tentang penerjemahan.

Sementara di acara puncak bertajuk Art Festival, yang diselenggarakan hari ini, kegiatan yang juga didukung oleh MNC Media itu diawali dengan melakukan parade EF di Kampus UNJ, pengumuman pemenang lomba, hingga hiburan dari berbagai band pengisi acara.

"Acara ini sampai malam. Kami harap di masa mendatang lebih banyak peserta yang terlibat. Karena anak-anak sekolah butuh kegiatan seperti ini selain hanya belajar di kelas sehingga bisa praktik langsung bagaimana cara bicara di depan umum dan melatih skill bahasa Inggris," tukasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini