Mahasiswa Tak Cukup Hanya Kuliah

Iradhatie Wurinanda, · Kamis 26 November 2015 06:55 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 25 65 1255618 mahasiswa-tak-cukup-hanya-kuliah-KMPTiCWCLm.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Selama ini pengertian kegiatan akademis identik dengan kegiatan perkuliahan, ujian, dan praktikum. Ternyata, kegiatan akademis mencakup hal yang lebih luas, termasuk kegiatan kemahasiswaan.

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Tri Hanggono Achmad mengatakan, segala kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tak terlepas dari nilai akademis. Dia pun mendorong para mahasiswa agar aktif dalam kegiatan kemahasiswaan sebagai upaya membentuk karakter unggul mahasiswa.

"Mahasiswa itu insan akademis. Berarti apa yang dilakukan mahasiswa itu pasti akademis. Dan pengertian akademis itu jangan sempit," ujarnya sebagaimana dinukil dari laman Unpad, Kamis (26/11/2015).

Tri menegaskan, mahasiswa Unpad merupakan orang-orang terpilih yang memiliki kemampuan akademis unggul. Sehingga, imbuh dia, tinggal bagaimana menguatkan karakter.

"Kegiatan kemahasiswaan ini memberikan peluang peningkatan karakter yang luar biasa," ucapnya.

Para mahasiswa, harap Tri, tak hanya terkungkung pada kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing organisasi kemahasiswaan, tetapi juga harus terbuka pada berbagai kegiatan dari mahasiswa atau organisasi kemahasiswaan lain.

"Dalam waktu dekat Unpad akan melakukan penataan, termasuk organisasi kemahasiswaan. Semua akan mengalami penataan kembali," tandasnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini