Share

Strategi Belajar Efektif

Afriani Susanti , Okezone · Sabtu 07 November 2015 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 06 65 1244797 strategi-belajar-efektif-pgQOgisXE3.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Belajar itu gampang-gampang susah. Bahkan, sering kali kita sulit memahami materi yang sudah dipelajari.

Bukan berarti kemampuan kita yang kurang. Bisa jadi, cara belajar kita kurang efektif. Nah, supaya materi pembelajaran bisa terserap dengan baik, ikuti trik belajar ini.

1. Di tempat yang tenang

Kebanyakan orang membutuhkan suasana tenang untuk belajar. Karena itulah cari tempat yang memungkinkanmu untuk bisa belajar tanpa gangguan, seperti di perpustakaan. Suasana tenang bisa membuatmu konsentrasi dalam memahami materi yang dipelajari.

2. Mendengarkan Musik

Musik bisa membantu kita untuk berkonsentrasi dalam belajar, apalagi musik-musik instrumental. Karena itu, tidak jarang ada sejumlah mahasiswa yang belajar sambil mendengarkan musik kesayangan dengan earphone mereka.

3. Tempat yang menyenangkan

Belajar di tempat yang menyenangkan seperti taman bisa membuatmu lebih mudah menangkap materi yang sedang dipelajari. Selain sejuk, taman juga membuatmu tidak akan merasa stres saat harus belajar untuk hadapi ujian.

4. Berlatih

Belajar tanpa berlatih juga tidak ada artinya. Setiap selesai mempelajari suatu materi, cobalah untuk langsung mempraktikkannya. Misalnya saat mempelajari bahasa asing, kamu perlu banyak berlatih agar semakin fasih.

5. Mengulang materi

Jangan pernah bosan untuk mengulang kembali materi yang sudah kamu pelajari. Dengan begitu, kamu tidak mudah lupa dengan materi yang baru saja kamu kuasai.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini