Share

Sikap Guru Jelang Pelaksanaan UKG

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 04 November 2015 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 04 65 1243614 sikap-guru-jelang-pelaksanaan-ukg-W84k3J1fc1.jpg Ada juga guru yang merasa cemas hadapi UKG. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Para Guru di seluruh Indonesia akan serentak melaksanakan uji kompetensi guru (UKG). Sejumlah guru pun tampak tidak cemas menghadapi UKG tersebut.

Kepala SMPN 98 Jakarta, Endang Amira, menyatakan tidak cemas menghadapi UKG. "Biasa saja. UKG itu kan ujian tentang mata pelajaran sendiri. Apalagi saya juga guru, guru musik. Uji kompetensi itu jadi mata pelajaran kita yang diujikan, pegadogiknya juga biasa. Karena kan guru pasti menguasai itu," ungkapnya kepada Okezone, belum lama ini.

Sementara guru bahasa Indonesia di SMAN 38 Jakarta, Drs Mulyoto, justru mengungkapkan kalau dirinya tampak cemas. "Yang dicemaskan mungkin soalnya barangkali. Karena, sudah cukup lama enggak pernah berkutik dengan soal. Nah, barangkali itu yang perlu kita pelajari lagi," ujarnya.

Mulyoto memaparkan, di usianya yang sudah tidak muda lagi sulit untuk bisa fokus belajar. "Tentu saja kita sudah lama, jadi belajarnya sudah beda. Kalau dulu masih muda ngotot untuk satu jam bisa ingat. Sekarang mungkin butuh satu hari. Ini mungkin karena usia," imbuhnya.

Mulyoto menambahkan, materi yang paling sulit untuk dipahami dalam UKG nanti adalah mengenai hal-hal yang berhubungan dengan peraturan-peraturan. "Seperti, permen dan PP. Kalau uji kompetensi gurunya sendiri enggak masalah, kita bisa mengejar," tambahnya.(afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini