Menumbuhkan Ikatan Berbahasa Indonesia

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 29 Oktober 2015 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 29 65 1240138 menumbuhkan-ikatan-berbahasa-indonesia-wcMVvXpuHV.jpg Foto: dok. Okezone

JAKARTA - Kebutuhan untuk memiliki kompetensi berbahasa asing menjadi ikatan kuat pada penutur bahasa asing di Indonesia. Ikatan inilah yang masih minim di antara masyarakat Indonesia. Akibatnya, bahasa Indonesia pun kian tergerus di tengah keberadaan berbagai bahasa asing

Dalam diskusi "Menyambut Kembali Bahasa Indonesia di Negeri Sendiri" di Unika Atma Jaya, Dr. Yassir Nasanius menggarisbawahi ketiadaan ikatan terhadap bahasa Indonesia tersebut. "Saya tidak tahu mengapa tidak ikatan dengan bahasa Indonesia," ujar Yassir, Kamis (29/10/2015).

Menurutnya, menumbuhkan ikatan pada bahasa Indonesia bukan tugas sastrawan atau bahasawan. Proses ini perlu dilakukan dalam bidang pendidikan.

"Kuncinya adalah mendidik anak-anak kita dengan baik. Bahkan, perlu juga memberi penghargaan bagi siswa yang berprestasi dan juga pandai dalam berbahasa Indonesia," ujarnya.

Yassir juga mengkritik kian maraknya penggunaan bahasa asing di Tanah Air. Dia tidak menampik, tergerusnya bahasa Indonesia adalah suatu keniscayaan.

"Kita dicekoki oleh bahasa Inggris, sehingga bahasa itulah yang berjaya," tambahnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini