Pemuda Indonesia Eksis di Kancah Internasional

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 28 Oktober 2015 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 28 65 1239392 pemuda-indonesia-eksis-di-kancah-internasional-qIclv3YOZq.jpg Foto: dok. Okezone

JAKARTA – Ikrar Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia saat memperjuangkan kemerdekaan. Pada saat itu, pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air menyatukan pandangan bahwa mereka adalah satu tumpah darah, satu bangsa, dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia.

Setelah 70 tahun Indonesia merdeka, tentu perjuangan pemuda saat ini pun berubah. Para pemuda tak perlu lagi susah payah melawan penjajah, melainkan punya tugas untuk meneruskan cita-cita pahlawan terdahulu.

"Sumpah Pemuda itu ikrar untuk mempersatukan pemuda. Di zaman sekarang, tentu yang perlu dipertahankan adalah semangatnya, terutama dalam membangun bangsa," ujar seorang mahasiswa bernama Azhar kepada Okezone baru-baru ini.

Azhar mengatakan, sebagai negara berkembang Indonesia masih membutuhkan banyak pembangunan. Terkait hal tersebut, sebagai penerus bangsa, anak muda sudah seharusnya ikut berkontribusi.

"Bisa dengan mencetak prestasi. Sekarang ini banyak pemuda Indonesia yang dikirim ke luar negeri terus membawa harum nama bangsa dengan prestasi, seperti di bidang olahraga dan akademis," ucapnya.

Mahasiswa jurusan manajemen itu mengungkapkan, dengan semakin banyaknya prestasi, artinya pemuda Indonesia memiliki daya saing dan siap berkompetisi di kancah internasional. Meski demikian, dia juga merasa prihatin terhadap pemuda Indonesia yang urakan dan berbuat seenaknya sendiri.

"Sayangnya pemuda sekarang masih ada yang seenaknya sendiri. Contoh gampangnya enggak menjaga lingkungan dan malah merusak fasilitas umum, corat-coret, buang sampah sembarangan," tutupnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini