Sumpah Pemuda, Momentum Tingkatkan Inisiatif

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 28 Oktober 2015 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 28 65 1239390 sumpah-pemuda-momentum-tingkatkan-inisiatif-O7Slu9xEzu.jpg Diorama terkait perjuangan pemuda Indonesia mempersatukan bangsa dipajang di Museum Sumpah Pemuda. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA – Generasi muda Indonesia kini tidak perlu berjuang untuk meraih kemerdekaan. Meski demikian, semangat Sumpah Pemuda wajib ditanamkan untuk menjaga persatuan mengingat mereka merupakan generasi penerus bangsa.

Hal ini diutarakan oleh seorang mahasiswa bernama Ridwan. Menurutnya, peringatan Sumpah Pemuda harus dijadikan momentum bagi muda-mudi Indonesia untuk lebih punya inisiatif berkontribusi kepada negara.

"Sumpah Pemuda pada zaman kongres dulu untuk menyemangati anak-anak muda supaya bergerak menyongsong kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda buat zaman sekarang berarti bagaimana kita bertingkah baik, jujur, dan semangat berkreasi," ujar Ridwan saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Saat ini, Ridwan menilai semangat pemuda belum diimbangi inisiatif. Meski sudah berani mengkritisi jalannya pemerintahan, tapi lebih condong menyalahkan terus, untuk mengharapkan perubahan dari atas.

"Ya, kalau berharap saja lama. Mendingan kita mulai kebaikan pada diri kita sendiri, lebih bijak dalam bersikap. Kurangi ego dan emosi," ucap mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut.

Ridwan mengungkapkan, banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menciptakan persatuan bangsa. Salah satunya, imbuh dia, yakni rangkul kawan sebanyak-banyaknya untuk saling bertukar pikiran. Cowok yang hobi naik gunung ini berpendapat, Bertukar pikiran positif mampu menciptakan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Jangan malah saling menyakiti orang lain. Boleh kita kritik kejelekan orang, tapi tetap harus lihat dari dua sisi. Pemimpin kita mungkin dianggap kurang membantu rakyat. Tapi menurut saya, sih, kalau kita cuma protes terus, harapan perubahannya akan lama,” pungkasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini