Makna Sumpah Pemuda di Kalangan Pelajar

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 28 Oktober 2015 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 28 65 1239387 makna-sumpah-pemuda-di-kalangan-pelajar-U4wx97kSER.jpg Pemuda Indonesia harus mampu merefleksikan makna Sumpah Pemuda dalam kegiatan yang mereka senangi. (foto: dok. Okezone)

JAKARTA – Perjuangan mempersatukan bangsa, seperti pada masa Sumpah Pemuda dahulu, sudah tidak dirasakan pemuda masa kini. Meski demikian, semangat dan rasa cinta Tanah Air patut untuk dipertahankan guna menghargai jasa-jasa pahlawan terdahulu yang telah berkorban untuk membela negara.

Lantas bagaimana para pelajar Indonesia memaknai Hari Sumpah Pemuda di zaman sekarang?

Salah satu siswi SMA bernama Taufany mengatakan, Sumpah Pemuda menjadi momen di mana seorang pelajar mengetahui jasa-jasa pahlawan sebagai pihak yang telah membela negara. "Dengan mengetahui jasa pahlawan, artinya kita itu menghargai perjuangan mereka," ujarnya.

Pendapat serupa juga diungkapkan pelajar lainnya, Evan. Ikrar Sumpah Pemuda yang dideklarasikan dahulu mengandung makna bahwa pemuda mengakui Indonesia sebagai Tanah Airnya. Oleh sebab itu, ucap dia, untuk mengisi kemerdekaan salah satu cara konkret yang bisa dilakukan pelajar, yakni belajar sungguh-sungguh untuk memajukan bangsa.

"Sumpah Pemuda momen saat pemuda berjanji untuk persatuan Bangsa. Semoga dengan tetap mengingatnya, para pemuda di zaman sekarang dan berikutnya bisa lebih mencintai Tanah Airnya sendiri," tuturnya kepada Okezone belum lama ini.

Sementara pelajar bernama Salsa punya cara sendiri untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda. Dia mengungkapkan, seharusnya para pemuda lebih memilih berkontribusi memajukan negara ketimbang menghabiskan waktu secara sia-sia. Salsa menambahkan, para pemuda sebaiknya bisa lebih menjaga emosi supaya tidak ada pertengkaran di mana-mana.

"Sumpah Pemuda bisa dijadikan pedoman bagi anak zaman sekarang untuk tetap bisa menghargai dan meneladani jasa-jasa pahlawan terdahulu yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini