Teknologi Canggih Kikis Kepekaan Anak Muda

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 28 Oktober 2015 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 28 65 1239342 teknologi-canggih-kikis-kepekaan-anak-muda-Qls8BAZxfJ.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun di sisi lain, kecanggihan teknologi berdampak juga pada berkurangnya kepekaan sosial dengan sesama, terutama di kalangan generasi muda.

Hal ini disadari oleh mahasiswa Universitas Petra Surabaya, Beata Anandika. Menurutnya, perkembangan teknologi memungkinkan beragam budaya asing mudah masuk ke Indonesia. Sementara itu, masih banyak anak muda yang kurang bisa memilah mana budaya yang tepat dan tidak tepat untuk mereka.

"Akibatnya, rasa nasionalisme di kalangan anak muda meluntur. Mereka juga jadi kurang peka terhadap lingkungan hingga menjadi pribadi egois dan apatis," kata Beata ketika berbincang dengan Okezone, baru-baru ini.

Mahasiswa Universitas Pamulang, Brahmantha Prahara Wahid memaparkan opini serupa. Dia menilai, globalisasi menjadi tantangan sekaligus masalah yang harus dihadapi generasi muda saat ini.

"Contohnya, globalisasi membuat generasi muda Indonesia cenderung ikut-ikutan. Sayangnya, kebanyak ikut-ikutan hal yang negatif," imbuhnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini