Wisudawan Protes Biaya Wisuda STKIP Bangkalan Terlalu Mahal

Syaiful Islam, Okezone · Sabtu 19 September 2015 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 19 65 1217437 wisudawan-protes-biaya-wisuda-stkip-bangkalan-terlalu-mahal-kibIwt7sKI.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

BANGKALAN - Biaya pelaksanaan wisuda Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dinilai sangat mahal. Sebab, fasilitas yang didapat peserta wisuda dengan biaya yang dikeluarkan tidak sebanding.

Panitia wisuda menarik biaya Rp1.200.000 kepada setiap peserta. Namun, peserta hanya mendapat baju wisuda lengkap (toga) dan air mineral serta snack. Jumlah peserta wisuda XXVIII ini sebanyak 594 wisudawan.

“Panitia tidak pro‎fesional karena besaran uang yang diminta ke para wisuda tidak sebanding dengan apa yang kami dapat. Kami membayar sangat mahal, tapi kita hanya dikasih air mineral dan roti saat pelaksanaan,” terang salah seorang peserta wisuda STKIP Bangkalan, Imam, Sabtu (19/9/2015).

Bahkan, sambung Imam, dirinya merasa kasihan pada orang tua yang hadir dalam acara wisuda tersebut. Sebab, dari pagi sampai sore tidak diberi makan oleh panitia. Padahal, dirinya harus membayar biaya wisuda sebesar Rp1.200.000. “Hal ini yang membuat banyak para peserta dan orang tua merasa kecewa dengan kompensasi yang diberikan panitia pelaksanaan wisuda. Terus uang sebanyak itu dibuat apa,” ucap Imam.

‎Sementara itu, Puket III STKIP Bangkalan, Soubar Imam menyatakan, sampai saat ini belum ada para wisudawan dan orang tua yang menyampaikan keberatan mengenai biaya wisuda. Sebab, pihak kampus menganggap besaran biaya yang dipatok itu sudah biasa. “Besaran biaya wisuda sudah kesepakatan para senat kampus,” ucap Soubar pada awak media saat dikonfirmasi.

Sayangnya Soubar enggan merinci biaya wisuda sebesar Rp1.200.000 untuk kebutuhan apa saja. Ia berdalih, itu merupakan kewenangan pihak kampus. Bahkan, dia mengklaim di kampus mana saja biaya wisuda tidak diberi tahu rinciannya.

Pelaksanaan wisuda STKIP Bangkalan digelar di GOR Sultan Abdul Kadirun (SAKA), Jalan Halim Perdana Kusuma (Ringroad), Sabtu (12/9/2015) kemarin.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini