Hadapi MEA, Gubernur Babel Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

ant, · Selasa 18 Agustus 2015 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 18 65 1198072 hadapi-mea-gubernur-babel-prioritaskan-tenaga-kerja-lokal-VVJqnsKbKy.jpg Hadapi MEA, Gubernur Babel prioritaskan tenaga kerja lokal (Ilustrasi: Shutterstock)

PANGKALPINANG – Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada awal tahun depan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi akan memprioritaskan tenaga kerja lokal.

"Kita tentu lebih memprioritaskan tenaga kerja untuk menekan angka penggangguran dan kemiskinan di daerah ini," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Bangka, Selasa (18/8/2015).

Dalam menghadapi MEA pada Januari 2016, kata dia, pihaknya telah menyiapkan dan melatih keterampilan para pencari kerja, agar mereka mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

"Tenaga kerja asing yang dibutuhkan hanya tenaga kerja bersifat teknis dan belum dikuasai tenaga kerja lokal," ujarnya.

Menurut dia pasar bebas ASEAN nanti tentu persaingan ekonomi, tenaga kerja semakin ketat dan dibutuhkan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia agar mampu melakukan persaingan dengan negara-negara ASEAN.

"Kita optimistis, bahwa kita mampu melakukan persaingan ketat dengan tenaga kerja asing tersebut," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diminta Dinas Tenaga Kerja untuk mengoptimalkan fasilitas yang ada untuk melatih masyarakat pontesial untuk menghadapi MEA ini.

"Jangan sampai hanya menjadi penonton, karena tidak siapnya SDM masyarakat dalam menghadapi MEA," ujarnya.

(rtw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini