Raih Sertifikat ISO, Perpustakaan Unsyiah Kini Bertaraf Internasional

Salman Mardira, Okezone · Senin 13 Juli 2015 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 13 65 1180805 raih-sertifikat-iso-perpustakaan-unsyiah-kini-bertaraf-internasional-Lz59QUmYmx.jpg GM System PT TUV Rheinland, Yunus Apriyanto (kiri) menyerahkan sertifikasi ISO kepada Rektor Unsyiah, Samsul Rizal yang didampingi Kepala Perpustakaan Unsyiah, Taufik A. Gani. (Foto: Salman/Okezone)

BANDA ACEH – PT TUV Rheindland Indonesia memberi sertifikat ISO 9001:2008 ke Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. Badan sertifikasi itu menilai mutu pelayanan Perpustakaan Unsyiah memenuhi standar internasional.

“ISO ini standar mutu internasional. Ini menyejajarkan Perpustakaan Unsyiah dengan perpustakaan lain di dunia," kata Yunus Apriyanto, GM System PT TUV Rheinland Indonesia, Senin (13/7/2015).

Menurut dia, keberhasilan ini sebuah pencapaian besar bagi Unsyiah, karena masih banyak perpustakaan lain yang belum mampu meraih sertifikat ISO 9001:2008.

"Dengan keberhasilan ini menunjukkan standar pelayanan mutu Perpustakaan Unsyiah memenuhi standar internasional, dan mampu disejajarkan dengan perpustakaan lain di dunia," sebutnya.

Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah Dr Taufik Abdul Gani menuturkan, sejak 2013 pihaknya mulai membuat standar mutu pelayanan perpustakaan sebagai upaya mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

"Diharapkan dengan keberhasilan ini semakin meningkatkan jumlah pengunjung di perpustakaan, sekaligus membentuk standar pelayanan yang lebih baik," ujarnya.

Sertifikat ISO untuk Perpustakaan Unsyiah telah diserahkan langsung Yunus Apriyanto kepada Rektor Unsyiah Profesor Samsul Rizal yang ikut didampingi Taufik Abdul Gani.

Samsul Rizal menilai raihan sertifikasi internasional ini tak lepas dari hasil kerja keras para pustakawan Unsyiah. Dia mengapresiasi UPT perpustakaan di kampus yang dipimpinnya. Keberhasilan ini pun diharapkan dapat memancing bidang-bidang lain di Unsyiah untuk meraih standar serupa.

“Keberhasilan Perpustakaan Unsyiah ini diharapkan disusul bidang-bidang lain di lingkungan Unsyiah, seperti sistem manajemen, keuangan, Badan Jaminan Mutu, pusat komunikasi untuk memenuhi standardisasi dan nilai," tukasnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini