Share

Yang Dibutuhkan Pendidikan di Abad 21

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 01 Juli 2015 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 01 65 1174597 yang-dibutuhkan-pendidikan-di-abad-21-rhLn2kMIbQ.jpg foto: ilustasi Okezone

JAKARTA - Pendidikan di Tanah Air akan semakin meningkat di abad 21. Sebab itu, perlu dilakukan sejumlah langkah guna mendukung perbaikan dari kualitas pendidikan.

Menurut Rektor Universitas Paramadina Firmanzah, pada abad ke 21 ini aksesibilitas dalam dunia pendidikan perlu sekali ditingkatkan. Mengingat perguruan tinggi dan mahasiswa adalah tumpuan untuk meningkatkan taraf hidup bangsa maupun manusia.

"Aksesibilitas harus ditingkatkan, kemudian juga karena memang institusi bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa," ungkapnya di Energy Building, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Dari sisi kualitas pendidikan, menurutnya, Indonesia harus membuktikan diri di kancah dunia dan juga dibutuhkan networking maupun keikutsertaan kita mempromosikan pendidikan Indonesia secara global.

"Kita harus tahu apa yang terjadi di Amerika. Jika di Amerika sedang terjadi krisis, tentu mereka tidak bisa menyelesaikannya sendiri," ujarnya.

Juga perspektif tentang pendidikan di abad 21 ini adalah mengenai kualitas dari pendidikan itu sendiri. Karena itulah semangat tersebut coba ingin dibangun Universitas Padamidana untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Yang mana, Universitas Paramadina bekerja sama dengan United in Diversity agar para pemimpin di multisektor bisa bekerjasama.

"Dengan begitu mereka bisa saling belajar satu dengan yang lainnya. Sehingga kita sadar bahwa kita saling membutuhkan," paparnya.

Firmanzah menambahkan kunci dari pendidikan saat ini adalah fasilitas yang perlu ditingkatan. Serta penggunaan kurikulum yang sesuai kebutuhan.

"Kita harus meningkatkan kompetensi begitupun dengan jejaringnya," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini