Kuliah Hukum Tak Melulu Hafalkan Undang-Undang

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 24 Juni 2015 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 24 65 1170820 kuliah-hukum-tak-melulu-hafalkan-undang-undang-WFGg7kQ0vB.jpg Mahasiswa ilmu hukum harus banyak berdiskusi dan menganalisis kasus dengan kritis agar memahami berbagai aspek hukum. (Foto: shutterstock)

JAKARTA - Mahasiswa ilmu hukum enggak melulu menghafal undang-undang. Namun, mereka juga perlu menggali kemampuan lain agar usai lulus bisa menjadi profesional hukum.

Salah satu pengajar Jentera School of Law, Bivitri Susanti, SH, LLM, menjelaskan, guna menumbuhkan kemampuan sebagai profesional hukum, maka mahasiswa harus melakukan banyak diskusi.

"Dalam diskusi itu mahasiswa bisa menganalisis berbagai kasus hukum. Jadi tidak hanya melihat apa kasusnya dan bagaimana putusannya," ungkap Bivitri di Bluegrass Bakrie Tower, Rabu (24/6/2015).

Selain itu dunia hukum juga semakin berkembang. Karena itulah mahasiswa perlu mengenal bidang ini agar tidak menjadi bingung.

"Mahasiswa hukum juga harus berpikir kritis. Kita bisa mulai dengan bahan bacaan, lalu berpikir kritis ketika menganalisis kasus," imbuhnya.

Menghafal dan memahami berbagai pasal hukum memang keharusan. Tetapi, ujar Bavitri, mahasiswa hukum juga dituntut memiliki cara berpikir yang sesuai dengan bidang profesinya nanti.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini