Nonton Robot Main Sepak Bola di UMY

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 11 Juni 2015 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 11 65 1163866 nonton-robot-main-sepak-bola-di-umy-XTWwWxQvXI.jpg Kontes Robot Indonesia (KRI) menyuguhkan aksi kombinasi sains dan hiburan berupa robot bermain sepak bola dan menari. (Ilustrasi: dok. Okezone)

JAKARTA - Pertandingan sepak bola di televisi bukan hal aneh. Tetapi, robot adu jago main sepak bola, itu baru suguhan yang menghibur.

Nah, kita bisa menonton aksi robot-robot pintar bermain sepak bola ini di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi tuan rumah kompetisi tahunan tersebut hingga 14 Juni.

Koordinator teknis lomba, Bella Novi menjelaskan, aksi para robot dalam kategori Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) akan menarik karena menggabungkan unsur hiburan dan sains.

"Nantinya akan ada tiga robot dalam satu tim. Satu robot bertindak sebagai penjaga gawang dan dua robot lainnya akan saling passing (mengoper) bola, dan bagian itulah yang paling menarik dalam KRSBI," ujar Bella seperti dikutip dari laman UMY, Kamis (11/6/2015).

Saat "pertandingan sepak bola" tersebut, penonton bisa menyaksikan bagaimana para ilmuwan muda Indonesia menyeimbangkan mekatronika (mechanical electronic) dalam bentuk serta ukuran robot. Metode ini mengharuskan peserta memperhitungkan waktu paling tepat untuk memberikan perintah ke robot agar ia bisa mengantisipasi datangnya bola.

Selain bermain sepak bola, robot-robot peserta KRI juga akan bertanding badminton. Aksi ini bisa kita simak di kategori Kontes Robot ABU (Asia-Pasific Broadcasting Union).

Ada juga robot yang menyuguhkan tarian Bambangan Cakil pada kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Kita bisa juga menyaksikan aksi robot memadamkan api pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini