Share

Pelajar SMPN 1 Medan Nyontek Kunci Jawaban UN

Erie Prasetyo, Okezone · Senin 04 Mei 2015 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 04 65 1144104 pelajar-smpn-1-medan-nyontek-kunci-jawaban-un-Jpsd9bNzYr.jpg Kunci jawaban UN SMP yang beredar di Sumatera Utara. (Foto: Erie P/Okezone)

MEDAN - Salah seorang pelajar SMPN 1 Medan kedapatan mencontek kunci jawaban saat ujian nasional (UN). Temuan ini dilaporkan Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara yang mengawasi jalannya proses ujian nasional (UN) SMP di Kota Medan.

Kepala Perwakilan Sumatera Utara Ombudsman RI, Abyadi Siregar mengatakan, timnya menyita satu kunci jawaban UN SMP dari salah seorang siswa. Peserta UN tersebut kedapatan mencontek kunci jawaban saat mengerjakan soal.

"Ada jawaban UN beredar. Ada satu yang kedapatan di SMP 1 Medan. Kami sita kunci jawabannya melalui pengawas ruangan," kata Abyadi di Medan, Senin (4/5/2015).

Ombudsman juga mengawasi beberapa sekolah lain di wilayah Medan dan daerah sekitar ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu. Namun mereka sendiri belum ada upaya untuk mengusut darimana asal kunci jawaban UN SMP itu. Sedangkan sekolah dan siswa yang melakukan pelanggaran juga tidak diberikan sanksi tegas.

Sebelumnya diberitakan, sejak Minggu, 3 Mei, beredar kunci jawaban UN SMP di Medan. Bahkan, salah seorang guru mengakui akan menyebarkan kunci jawaban tersebut untuk membantu siswanya mengerjakan ujian.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini