Jadi Pelajar Cerdas dalam Kelola Uang

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Kamis 19 Maret 2015 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 19 65 1121114 jadi-pelajar-cerdas-dalam-kelola-uang-aG8EuIovYg.jpg Anak muda Indonesia harus cerdas dalam mengelola keuangan sebagai alat transaksi dan investasi. (foto: dok. Okezone)

DEPOK - Namanya juga masih muda, wajar, dong, kalau pelajar sering kehabisan uang jajan. Eits, justru karena masih muda itulah sebenarnya kita harus cerdas mengelola uang.

Menurut Direktur Sekolah AMEC Depok, Ma'mun Ibnu Ridwan, sangat penting bagi anak muda memiliki persepsi yang benar tentang uang yang setiap hari dibawa dan digunakan. Selama ini, anak muda mengenal uang sebagai alat transaksi.

"Sebenarnya yang bukan hanya sebagai alat transaksi seperti untuk jajan, beli buku atau beli pulsa. Uang juga berfungsi sebagai alat investasi. Jadi, seberapa pun anak dikasih uang, harus bisa digunakan secara tepat, baik untuk transaksi maupun investasi," kata Ma'mun di SMK AMEC Sawangan, Depok, Kamis (19/3/2015).

Nah, supaya anak didiknya mendapat pemahaman yang tepat soal uang, Ma'mun pun mengundang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna menggelar pelatihan khusus. Dia berharap, pelatihan tersebut dapat menanamkan keterampilan tentang uang dengan baik kepada pelajar.

"Karena dari persepsi inilah akan turut mewarnai sukses atau tidaknya kelak di kemudian hari. Apakah dia terlilit utang, bebas atau mencapai kemerdekaan finansial," tegas Ma'mun.

Asdep Komunikasi dan Edukasi OJK Eddie Natalies mengatakan lembaga OJK punya berperan mengatur, mengawasi dan melindungi kegiatan keuangan, baik di dunia perbankan maupun non bank. Setiap kegiatan yang berkaitan dengan keuangan akan diawasi OJK.

"Kami bertujuan sosialisasi dengan tujuan pelajar sekolah. Semua kegiatan soal keuangan termasuk asuransi dan tabungan anak-anak di bank diawasi OJK," jelasnya

Pelatihan ini diikuti sekira 400 anak. Mereka juga terlibat dalam lomba cerdas cermat dan dialog tentang uang.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini