Tips Menulis di Jurnal Internasional

Giovanni, · Jum'at 16 Januari 2015 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 16 65 1093024 tips-menulis-di-jurnal-internasional-mFJfjM98Kg.jpg Dr. Lanita Winata, dosen sekaligus reviewer jurnal Griffith University, Australia berbagi tips menulis untuk jurnal internasional. (Foto: dok. Unnes)

JAKARTA – Menulis dan menerbitkan artikel ilmiah ke jurnal internasional bukan hal mudah. Padahal kedua hal tersebut penting dilakukan para dosen dan peneliti untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Dr. Lanita Winata, dosen sekaligus reviewer jurnal Griffith University, Australia, dalam kunjungannya ke Universitas Negeri Semarang (Unnes), menjelaskan, artikel yang dimuat di jurnal internasional merupakan artikel yang mampu memberi kontribusi. Dia pun membagi sebagian tips kepada dosen di Indonesia agar mampu memuat artikel mereka di jurnal internasional.

Hal yang pertama harus diperhatikan ialah, mencari jurnal dengan topik sejenis yang telah dimuat. Kemudian, baca dan cermati daftar pustakanya.

"Analisis isinya, apa yang dikaji. Kemudian cari buku satu lagi untuk dibandingkan. Setelah itu, Anda perlu menambahkan variabel lain yang kemudian dijadikan pusat perhatian penelitian," kata Lanita, seperti dikutip dari laman resmi Unnes, Jumat (16/1/2015).

Dosen yang sepanjang karirnya aktif menulis di British Accounting Review dan International Journal of Business Research ini berharap, budaya menulis di kalangan akademisi Indonesia terus meningkat. Hal ini tentu amat diperlukan bagi kemajuan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan.

"Perlu persiapan matang agar dosen bisa menghasilkan artikel yang baik," ujarnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini