Share

Masa Depan Pendidikan Indonesia Masih Tak Pasti

Sabtu 20 Desember 2014 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 20 65 1081868 masa-depan-pendidikan-indonesia-masih-tak-pasti-ZQG9VYbAnr.jpg Sabda M Holil (Foto: dok. pribadi)

GONJANG-ganjing pendidikan Indonesia masih terus berlanjut. Salah satunya tentang keputusan penerapan kembali Kurikulum 2006 atau tetap memakai Kurikulum 2013.

Pendidikan seharusnya menjadi instrumen yang menghilangkan belenggu kebodohan pada anak bangsa. Namun nyatanya, pengelolaan pendidikan nasional hari ini masih berkutat dengan menetapkan kurikulum apa yang paling ideal. Hal yang perlu menjadi pertanyaan adalah, apakah faktor pergantian menteri memengaruhi cara pandang pendidikan di Indonesia? Seharusnya, ada pola sinergi dengan pemerintahan sebelumnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Rasyid Baswedan menarik kurikulum 2013 di sejumlah sekolah yang dinilai belum siap menerapkannya. Kebijakan ini akan berlaku mulai semester genap 2014/2015.

Peraturan Menteri Nomor 159 Tahun 2014 menginstruksikan bahwa penerapan Kurikulum 2013 di seluruh sekolah Tanah Air pada bulan Juli 2014. Sementara itu, penarikan untuk evaluasi baru dibuat 14 Oktober 2014. Dengan waktu yang singkat itu, pemerintah baru segera memutuskan dan mencabut Kurikulum 2013. Apakah hal ini sudah dikaji dengan matang? Baru saja diterapkan satu semester, pemerintah seharusnya bisa membuat evaluasi. Tetapi, pemerintah justru segera menyetop penerapannya. Terlalu buru-buru.

Apa karena menterinya berbeda, maka kurikulumnya juga harus beda? Apa karena ingin mengukir popularitas, reputasi dan pencitraan melalui berbagai kebijakan?

Masa depan pendidikan kita harus menjadi perhatian betul. Pemerintah seharusnya mendepankan sarana dan prasarana, fasilitas hingga kapasitas tenaga pengajar. Agar pendidikan kita dapat bersaing, maka perlakuan antara kota besar dan kota kecil pun tidak bisa disamaratakan.

Sabda M Holil

Korpus Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini